Begini Cara Ganjar Pranowo Mengatasi HIV Aids

Media sosial bisa dimanfaatkan

Jakarta, IDN Times - Debat calon gubernur Jawa Tengah jelang Pilkada 2018 kembali digelar. Kedua pasangan calon Ganjar-Taj Yasin dan Sudirman-Ida Fauziyah menanggapi soal HIV Aids.

Calon pertahana Ganjar Pranowo ditanya mengenai HIV Aids yang semakin menyebar luas. Ia pun ditanya mengenai strateginya mengatasi penyakit menular itu. Lalu apa jawaban Ganjar?

1. BNN harus diberikan fasilitas yang cukup

Begini Cara Ganjar Pranowo Mengatasi HIV AidsIDN Times/Ahmad Mustaqim

Ganjar mengatakan, dalam pencegahan HIV Aids di Indonesia, ia sudah melakukan kerja sama dengan BNN untuk memberikan fasilitas cukup. Namun, BNN tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus didukung lingkungan lainnya.

"Namun BNN tidak cukup bekerja sendiri. Kami bekerjasama dengan ulama, guru, dan tokoh untuk melakukan pencegahan dan memasukkan dalam sistem pendidikan, kita minta para guru tolong ajarkan," ujar Ganjar dalam debat Pilgub Jawa Tengah, Kamis (3/5).

Baca juga: Debat Pilgub Jateng: Tiga Cara Ganjar Memangkas Pengangguran

2. Media sosial menjadi sumber informasi untuk pencegahan

Begini Cara Ganjar Pranowo Mengatasi HIV Aidsandroid-indonesia.com

Tidak hanya itu, Ganjar juga menyebutkan media sosial harus dimanfaatkan untuk menyebarkan cara pencegahan HIV Aids.

"Kita gunakan medsos dengan kekuatan yang dahsyat, untuk menyebarkan seluruh cara-cara mencegah, menanggulangi," kata dia.

Apabila sudah terjadi dan terkena virus, lanjut Ganjar, yang harus dilakukan adalah mendorong rumah sakit agar memiliki fasilitas untuk mengatasi penderita.

3. Keluarga memiliki peran penting

Begini Cara Ganjar Pranowo Mengatasi HIV AidsIlustrasi/Rappler Indonesia

Menurut Ganjar peran keluarga juga sangat penting. Terkadang penderita akan malu bercerita. Karena itu, peran keluarga harus bisa merangkul dan mengawasi agar tidak banyak lagi yang terkena HIV Aids.

"Terlalu banyak mereka tidak tahu. Ini yang kita dorong dan kita titip pada keluarga. Inilah keluarga yang kita harapakan dapat memantau. Agar mereka bisa mengerti, apa yang bisa dilakukan dan pencegahan, agar mereka tidak tertular," kata Ganjar.

Baca juga: Debat Cagub Jateng Putaran Kedua, Sudirman Langsung 'Serang' Ganjar di Awal

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya