Akankah PKS Deklarasi Capres Saat Milad 13 Mei Nanti?

PKS dan Gerindra dari hari ke hari semakin lengket

Jakarta, IDN Times – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tampaknya juga menunggu momentum untuk mendeklarasikan siapa nama yang akan diusung sebagai capres maupun cawapres di antara 9 kader terpilihnya. Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal mengungkapkan deklarasi kedua posisi itu kemungkinan besar baru akan dilakukan ketika milad PKS. Artinya, pengumuman penting tersebut baru disampaikan pada bulan depan. 

Siapa kira-kira capres dan cawapres yang akan diusung PKS?

1. PKS kemungkinan deklarasi pada saat milad 13 Mei

Akankah PKS Deklarasi Capres Saat Milad 13 Mei Nanti?ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sekjen Mustafa Kamal mengatakan PKS akan menggelar puncak milad pada 13 Mei mendatang. Di sana lah kemungkinan partai tempatnya bernaung akan mendeklarasikan nama yang akan diusung oleh PKS sebagai calon presiden dan calon wakil presiden. Maka, PKS memiliki waktu hingga tanggal 13 Mei untuk mengerucutkan nama-nama itu. 

“Rencananya puncak acara akan digelar di kawasan Sentul. Lalu akan hadir sejumlah besar petinggi dan massa PKS. Mereka datang dari berbagai daerah. Kami berharap ada nama yang bisa kami sebut, tapi tentu itu terkait pembicaraan intensif,” ujar Mustafa di Resto Meradelima pada Kamis (19/4).

Baca juga: Tanpa Syarat, PKS Hanya Ingin Gerindra Pilih Kadernya Jadi Cawapres

2. PKS semakin memperkokoh koalisi dengan Gerindra

Akankah PKS Deklarasi Capres Saat Milad 13 Mei Nanti?ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Selain rencana untuk melakukan deklarasi, PKS yang kini sudah menjadi mitra koalisi Partai Gerindra akan mengokohkan tiang koalisi agar semakin solid menjelang Pilpres 2019. Hal itu disampaikan Mustafa karena Gerindra dan PKS juga telah menemukan chemistry dalam berkoalisi.

“Ada aspirasi yang semakin besar, PKS terus membangun kebersamaan dengan Gerindra, karena beberapa ada peristiwa koalisi yang kelihatannya memberikan kesan baik dengan masyarakat. Tentu akan kami semakin kokohkan,” ucap Mustafa.

3. PKS dan Gerindra membangun kebersamaan melalui acara bersama

Akankah PKS Deklarasi Capres Saat Milad 13 Mei Nanti?ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Mustafa menyampaikan, salah satu cara mempererat dan mengokohkan koalisi bersama Gerindra, adalah dengan selalu tampil bersama dalam sebuah acara. Menurutnya, menghadiri acara-acara yang dibuat oleh keduanya, akan menjembatani terjadinya kerjasama politik yang lebih kuat.

Meski PKS dan Gerindra membangun kebersamaan dengan juga menghadiri acara yang sama, namun, lanjut Mustafa, kedua partai tetap memiliki mekanisme yang berbeda dalam proses untuk mendeklarasikan nama yang diusung.

“Tentu saja terkait dengan nama-nama itu sudah ada mekanismenya. Kalau di PKS ada Majelis Syuro, kalau Gerindra sudah mantap melakukan deklarasi capresnya. Kami mencari event yang memungkinkan kami untuk terus membangun kebersamaan,” kata dia.

Baca juga: Ini Penjelasan Gerindra soal Video Prabowo Diarak Sambil Telanjang Dada

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya