DPR: Revisi RUU Terorisme Kelar Sebelum Lebaran

Pansus akan mulai membahas RUU ini pekan depan

Jakarta, IDN Times - Pansus RUU terorisme DPR segera menyelesaikan Revisi RUU Terorisme. Disampaikan langsung oleh Anggota Pansus RUU Terorisme Arsul Sani, setelah reses, Anggota Pansus akan segera mengagendakan rapat RUU Terorisme.

1. RUU Terorisme selesai sebelum lebaran

DPR: Revisi RUU Terorisme Kelar Sebelum Lebaran    IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Arsul mengatakan, melalui pertemuan Menko Polhukam Wiranto bersama dengan Sekretaris Jenderal Partai koalisi pemerintahan Jokowi dan juga para Pimpinan Fraksi DPR, ia mengungkapkan jika RUU Terorisme akan diselesaikan sebelum masa sidang selesai, yaitu pada Juni mendatang.

"Kami sepakat bahwa revisi RUU Terorisme harus selesai pada masa sidang yang akan datang. Yang akan dimulai pada 18 Mei sampai nanti sebelum lebaran," jelas Arsul di Rumah Dinas Menko Polhukam, Jakarta Selatan, Senin (14/5).

Ia menambahkan, penyelesaian Revisi RUU Terorisme, hanya tinggal menyisakan satu masalah, namun sudah mengerecut.

"Satu pokok bahasan yaitu definisi terorisme. Yang itu pun sesungguhnya sebelum masa sidang itu berakhir, itu sebetulnya sudah mengerecut," lanjutnya.

Baca juga: 5 Hal Tentang JAD, Dalang Teror Bom Surabaya 

2. Terdapat dua alternatif

DPR: Revisi RUU Terorisme Kelar Sebelum Lebaran    IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Arsul menyampaikan, saat ini masalah definisi terorisme sudah mengerucut ke dalam dua alternatif. Pertama, memasukkan frasa adanya motif kepentingan politik, ideologi, atau ancaman terhadap keamanan negara. Dan alternatif kedua, tidak memasukkan frasa-frasa tersebut, sehingga memberikan keleluasaan yang lebih kepada aparat penegak hukum dalam memproses.

"Sehingga frasa-frasa adanya kepentingan motif politik, ideologi, dan atau keancamanan terhadap keamanan negara itu masuk dalam baik bagian menimbang, maupun penjelasan umum dari UU," jelasnya.

3. Minggu depan rapat RUU Terorisme segera dirapatkan

DPR: Revisi RUU Terorisme Kelar Sebelum Lebaran    IDN Times/Sukma Shakti

Masalah kapan DPR akan mulai membahas kembali revisi RUU Terorisme, Arsul menyampaikan jika setelah masa reses berakhir pada 18 Mei, masa sidang sudah dimulai. Dan minggu depan, Pansus revisis RUU Terorisme pun mulai mengagendakan rapat.

"Kalau dilihat di Pimpinan Pansus ada 2 wakil, Pak Supiadin dan Mas Syaiful Bahri Anshori. Nah nanti tugas dari masing-masing fraksinya untuk menghubungi beliau, agar segera dilakukan rapat pimpinan pansus untuk menjadwalkan kelanjutan pembahasan di minggu depan kami harapkan," terang Arsul.

Baca juga: Bom Gereja Surabaya, Sulitnya Agus Mencari Jasad Sang Keponakan

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya