Dewan Pembina Partai Golkar Setujui Usulan Bamsoet Jadi Ketua DPR Baru

Akhirnya ada pengganti Setya Novanto

Jakarta, IDN Times - Dewan Pembina Partai Golkar malam ini, Minggu, 14 Januari 2018 menggelar rapat membahas surat dari DPP Partai Golkar, terkait penunjukkan ketua DPR baru. Melalui surat tersebut, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie membacakan isi surat tersebut tentang penunjukkan Bambang Seosatyo sebagai ketua DPR baru.

Aburizal menyebutkan jika kursi kepemimpinan DPR RI terus kosong akan mengganggu serta dapat menghambat mekanisme kerja pimpinan DPR RI dalam melaksanakan tugasnya.

“Maka DPP Partai Golkar akan segera mengusulkan kembali pergantian antar-waktu Ketua DPR RI pada saudara Bambang Soesatyo,” kata Aburizal di Bakrie Tower, Jakarta Selatan, Minggu malam, 14 Januari.

1. Dewan Pembina Golkar menyetujui Bambang Soesatyo menjadi ketua DPR

Dewan Pembina Partai Golkar Setujui Usulan Bamsoet Jadi Ketua DPR BaruIDN Times/Teatrika Putri

Aburizal menyebutkan persetujuannya terhadap usulan DPP Partai Golkar, yang menunjuk pria yang akrab disapa Bamsoet itu sebagai ketua DPR RI yang baru, pengganti Setya Novanto yang mundur karena terlibat kasus korupsi e-KTP.

“Bahwa Dewan Pembina telah menyatakan persetujuannya dan dukungannya terhadap usulan itu, dan kemudian setelah itu dapat segera mengirimkan suratnya kepada pimpinan DPR RI,” ujar Bakrie.

Baca juga: Bambang Soesatyo Berpeluang Besar Gantikan Novanto sebagai Ketua DPR

2. Melalui banyak pertimbangan

Dewan Pembina Partai Golkar Setujui Usulan Bamsoet Jadi Ketua DPR BaruIDN Times/Teatrika Putri

Setelah melewati banyak pertimbangan pada rapat, Aburizal mengatakan, Dewan Pembinan Golkar sepakat mendukung keputusan DPP Partai Golkar. 

“Kita mengatakan berdasarkan konsultasi dan pertimbangan, maka Dewan Pembina Partai Golkar dapat menyetujui dan mendukung penetapan saudara Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR RI,” ungkap dia.

3. Tidak hanya membahas Bambang Soesatyo

Dewan Pembina Partai Golkar Setujui Usulan Bamsoet Jadi Ketua DPR BaruInstagram/@bambang.soesatyo

Aburizal mengatakan tidak hanya Bambang Soesatyo yang menjadi pembahasan pada rapat Dewan Pembina Golkar. Tapi beberapa kandidat yang dirasa mampu memimpin DPR, hingga akhirnya Dewan Pembina menyetujui Bamsoet.

“Dibahas nama-namanya, tadi dikatakan bahwa semua mampu, tapi kan ketua DPR tidak bisa 5, 6, 7, tidak mungkin kan? Hanya satu gitu,” ucap pria yang akrab disapa ARB itu.

Menurut Aburizal dirinya sempat bertemu Ketua Partai Golkar Airlangga Hartarto beberapa kali untuk membahas mengenai pergantian ketua DPR.

“Saya berpendapat bahwa semua calon-calom yang diajukan adalah calon-calon yang mampu untuk memimpin DPR RI,” Bakrie menambahkan.

Baca juga: Cari Pengganti Setya Novanto, Fraksi Golkar Gelar Rapat

Topik:

Berita Terkini Lainnya