Cari Pengganti Setya Novanto, Fraksi Golkar Gelar Rapat

Bambang Soesatyo disebut-sebut akan duduk di kursi Ketua DPR

Jakarta, IDN Times – Fraksi Golkar hari ini menggelar rapat untuk mencari siapa yang akan mengisi kursi Ketua DPR yang ditinggalkan Setya Novanto.

“Hari ini rapat pleno fraksi sebagaimana biasa di awal masa sidang,” kata Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Golkar Zainudin Amali di Gedung DPR RI, Kamis (11/1).

1. Rapat membahas pergantian Ketua DPR 

Cari Pengganti Setya Novanto, Fraksi Golkar Gelar RapatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Zainudin Amali mengatakan salah satu agenda rapat Fraksi Golkar hari ini adalah membahas pengganti Setya Novanto.

“Saya kira itu termasuk agenda yang akan dibicarakan di rapat fraksi, karena bagaimanapun fraksi ini merupakan perpanjangan tangan dan partai. Dan posisi Ketua DPR adalah anggota fraksi,” kata Zainudin.

Oleh karena itu, lanjutnya, pembicaraan awal pasti akan diawali dari fraksi, kemudian bahan akan dibawa ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Baca juga: Survei SMRC: Jokowi Naikkan Elektabilitas PDIP dan Golkar

2. SK Ketua DPR akan masuk pekan depan

Cari Pengganti Setya Novanto, Fraksi Golkar Gelar RapatANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Fraksi Golkar akan segera mengeluarkan surat keputusan penunjukkan Ketua DPR yang baru. Menurut Zainudin Amali, minggu depan surat keputusan tersebut akan segera dikeluarkan.

“Ya surat masuk pekan depan, tapi menurut saya sekarang ini, Ketua Umum Pak Airlangga Hartarto sudah memilih ya,” ujar Zainudin. 

Ia juga mengatakan jika Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sudah memiliki pilihan siapa yang pantas diusulkan menjadi calon Ketua DPR.

3. Bambang Soesatyo calon terkuat?

Cari Pengganti Setya Novanto, Fraksi Golkar Gelar RapatAntara Foto

Zainudin mengatakan Airlangga Hartarto sudah mulai menemukan sosok yang tepat untuk posisi tersebut. Ia memperkirakan orang tersebut adalah Bambang Soesatyo.

“Menurut perkiraan saya peluang paling besar adalah Bambang Soesatyo, tapi tunggu pengumuman resmi dari Ketua Umum,” katanya.

Baca juga: Airlangga Hartato Bawa 'Perubahan' Partai Pasca-Terpilih jadi Ketua Umum Golkar? 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya