Bertemu Prabowo, PAN Belum Tentukan Koalisi 2019

PAN baru akan bahas koalisi pada Rakernas

Jakarta, IDN Times – Partai Amanat Nasional (PAN) belum memutuskan dengan siapa mereka akan menjalin koalisi untuk Pilpres 2019. Sekretaris Jenderal PAN Edy Soeparno mengatakan saat ini dirinya belum bisa menyimpulkan apapun terkait putusan koalisi.

1. PAN telah lakukan komunikasi dengan seluruh partai

Bertemu Prabowo, PAN Belum Tentukan Koalisi 2019IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, dikabarkan bahwa Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan telah meminta secara langsung kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk bertemu. Namun Zulkifli juga sering berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Edy pun mengatakan, jika komunikasi yang dilakukan oleh ketua umumnya dengan partai lain sudah sering dilakukan. Hanya saja, pertemuan tersebut sering tidak terendus media.

“Jadi secara rata dengan semua pimpinan partai politik, ketua umum saya bertemu,” ucap Edy di kediaman Prabowo, Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (1/3).

Baca juga: Belum Dideklarasikan Sebagai Capres, Prabowo Segera Bertemu Muhaimin

2. Belum tentukan koalisi Pilpres 2019

Bertemu Prabowo, PAN Belum Tentukan Koalisi 2019IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meski PAN telah berkoalisi dengan Gerindra dan PKS pada Pilkada 2018, namun Edy belum bisa memastikan, apakah di 2019 koalisi ketiga partai tersebut akan tetap berlangsung.

“Kami membuka koalisi seluas-luasnya dalam Pilkada, tetapi Pilkada yang kami laksanakan ini, tidak serta merta merupakan refleksi atas apa yang akan kami tuju di Pilpres 2019,” jelas Edy.

3. Koalisi dibahas di Rakernas 

Bertemu Prabowo, PAN Belum Tentukan Koalisi 2019IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait koalisi dan pencalonan capres maupun cawapres, Edy mengatakan dirinya tak ingin mendahului proses yang ada di internal PAN. Pada April mendatang, PAN berencana menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) untuk membahas arah politik PAN di 2019.

“Jadi apapun yang akan kami putuskan itu, akan menentukan kemana kami (PAN) akan berlabuh di Pilpres 2019,” terangnya.

Baca juga: PKS Tolak Ajakan Istana Dukung Jokowi di Pilpres 2019

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya