Asal Usul Muncul Sosok Santa Claus saat Natal

Cerita ini mulanya muncul pada abad ke-4

Jakarta, IDN Times - Siapa yang tak kenal dengan Santa Claus? Ketika mendekati perayaan Natal, nama ini pasti akan terdengar dengan kebaikannya memberikan hadiah kepada anak-anak. Setiap ada perayaan Natal, selalu ada Santa Claus.

Namun, banyak masyarakat yang mungkin belum tahu asal-usul cerita Santa Claus, yang ternyata bermula dari hikayat kebaikan seorang uskup.

1. Awal munculnya nama Santa Claus

Asal Usul Muncul Sosok Santa Claus saat NatalIDN Times/Teatrika Putri

Setiap mendengar nama Santa Claus, setiap orang pasti akan terpikir tentang hadiah. Sosok pria tua berjanggut putih ini awal mulanya muncul pada abad ke-4, dimana ada seorang uskup bernama Santo Nicholas yang berbaik hati, dan suka membagikan hadiah kepada anak-anak pada malam 5 Desember.

Legenda tersebut diadopsi di Belanda sebagai Sinter Klass yang dirayakan setiap 6 Desember. Kemudian figur Sinter Klass berkembang di Amerika dan berubah menjadi figur Santa Claus.

Santai Claus di Amerika diceritakan sebagai sosok orangtua yang murah senyum dan berjanggut putih, berpakaian merah dengan kerpus merah di kepalanya, yang pada malam Natal menaiki kereta salju penuh hadiah dan ditarik oleh delapan ekor rusa kutub. Santa Claus pun terbang dengan membagikan hadiah kepada anak-anak di seluruh dunia.

Baca juga: Natal di Kampung Petamburan

2. Siapa itu St Nicholas?

Asal Usul Muncul Sosok Santa Claus saat Natal

Awal muncul adanya nama Santa Claus ternyata berasal dari nama Santo Nicholas, seorang uskup yang diagung-agungkan bangsa Yunani dan Latin. Legenda Santa Claus bermula dari kebaikan hatinya yang sering membagikan hadiah kepada anak-anak.

Nicholas sering disebut juga sebagai santo pelindung Rusia, para pelaut dan juga anak-anak. Kebaikan hatinya tersebut, membuat dirinya menjadi populer. Nicholas juga secara sembunyi-sembunyi suka memberikan hadiah kepada tiga anak gadis miskin.

Karena kebaikannya, Nicholas pun dijadikan sebagai orang suci. Bahkan, jenazahnya disebut-sebut memiliki kemampuan menyembuhkan secara ajaib, hingga jenazahnya pun dicuri dari makamnya. Figur Santa Claus yang dikenal masyarakat saat ini, merupakan sosok yang terkisah dari Santo Nicholas.

3. Mengapa Santa Claus selalu ada saat Natal?

Asal Usul Muncul Sosok Santa Claus saat Natal

Santa Claus yang berasal dari legenda Santo Nicholas, menggambarkan sosok yang baik dan suka membagikan hadiah kepada anak-anak. St Nicholas yang meninggal pada 6 Desember, dikaitkan dengan hari kelahiran Yesus pada 25 Desember.

Masyarakat menggabungkan sosok Nicholas yang dinilai identik dengan perayaan Natal, yaitu hari kelahiran Yesus. Santa yang selalu menyebar pesan baik, dianggap masyarakat mirip dengan Yesus Kristus, sehingga menjadikan sosok Santa Claus melekat pada saat perayaan Natal.

Berawal dari legenda tersebut, masyarakat pun sudah terbiasa bertukar hadiah atau pun membagikan hadiah di setiap perayaan Natal. Selalu terlihat sosok Santa Claus dimana pun ketika Natal tiba.

Baca juga: Ini Ramalan Cuaca Khusus Mudik Natal dan Tahun Baru

Dikutip dari ristenalkitabiah.com dan berbagai sumber lainnya.

Topik:

Berita Terkini Lainnya