Pasca Ricuh, Aman Abdurrahman Tetap Ditahan di Rutan Mako Brimob

Kondisi Aman dalam keadaan aman dan sehat

Jakarta, IDN Times - Pasca kericuhan di Mako Brimbob kemarin, kuasa hukum Aman Abdurrahman, Asludin Hatjan, mengatakan kliennya hingga saat ini masih ditahan di rutan cabang Salemba di Komplek Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Menurut Asludin, hingga saat ini, ia belum bisa menengok keadaan kliennya karena suasana di Mako Brimob masih belum kondusif.

Lalu, informasi terbaru apa yang ia peroleh mengenai kliennya?

1. Kondisi Aman baik-baik saja

Pasca Ricuh, Aman Abdurrahman Tetap Ditahan di Rutan Mako BrimobANTARA FOTO/Reno Esnir

Asludin menyampaikan kondisi Aman saat ini baik-baik saja di Mako Brimob. Namun, memang karena kondisi di Mako Brimob yang belum kondusif, sehingga pihak kejaksaan belum bisa menjemput Aman, dan persidangan harus ditunda. 

"Kondisinya baik tidak ada masalah. Cuma memang karena suasana belum kondusif, makanya pihak kejaksaan belum bisa menjemput untuk ikut hadir dalam sidang," ujar Asludin di PN Jaksel pada Jumat (11/5).

Baca juga: Alasan Napi Teroris di Mako Brimob Ngotot Dipertemukan Aman Abdurrahman

2. Pengacara belum dapat memastikan keterlibatan Aman dalam negosiasi

Pasca Ricuh, Aman Abdurrahman Tetap Ditahan di Rutan Mako BrimobIDN Times/Teatrika Putri

Dalam operasi penanggulangan yang digelar oleh personel polisi kemarin, banyak yang menyebut mereka ikut menggunakan pengaruh Aman agar meredam situasi di Mako Brimob. Terkait informasi itu Asludin mengaku belum dapat mengonfirmasi hal tersebut. Sebab, hingga saat ini, ia belum bisa berkomunikasi dengan Aman. 

"Kalau ikut bernegosiasi itu saya belum tahu, karena saya sampai saat ini juga belum bisa kontak langsung sama Beliau," kata dia. 

Asludin menambahkan, sejak kejadian kericuhan berlangsung, ia belum bisa masuk ke Mako Brimob dan bertemu langsung dengan Aman.

"Malam kejadian itu saya mencoba ke sana tapi belum bisa masuk," katanya memberikan penjelasan. 

3. Kemungkinan besar para napi mengenal Aman melalui tausiahnya

Pasca Ricuh, Aman Abdurrahman Tetap Ditahan di Rutan Mako BrimobIDN Times/Sukma Shakti

Saat ditanya apakah Aman memang memiliki hubungan dengan para napi teroris tersebut, Asludin hanya menjawab jika kemungkinan besar para napi itu mengenal kliennya melalui tausiah-tausiah yang disebarkan lewat media sosial.

"Kalau pengajian sih jarang, karena selama ini kan Ustaz Aman masuk dalam tahanan terus. Saat mau bebas, kan masuk lagi. Jadi tausiah-tausiah yang dilakukan itu ada di medos, itu mungkin yang diikuti oleh mereka," kata Asludin. 

Baca juga: Sidang Aman Abdurrahman Ditunda Gara-Gara Kendala Teknis

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya