5 Sosok Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Barat 2018

Mulai dari artis hingga pengusaha

Jakarta, IDN Times – Memasuki tahun politik, setiap partai politik (Parpol) mulai mempersiapkan berbagai hal guna mengusung kadernya untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Sejumlah nama pun disebut-sebut akan meramaikan Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang. Lalu siapa mereka dan bagaimana rakam jejak mereka, berikut ulasannya;

Baca juga: Tiga Partai Politik Ini Masih Belum Sepakat di Pilkada Jawa Timur  

5 Sosok Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Barat 2018IDN Times/antara/republika/YouTube/viva/ahmadsyaikhu

1. Deddy Mizwar

5 Sosok Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Barat 2018ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sosok yang satu ini, setiap orang pasti sudah mengenalya. Pria kelahiran 5 Maret 1955 ini memulai karirnya di dunia akting sejak tahun 1976. Segudang judul film pun telah diperaninya. Seperti Naga Bonar sekuel hingga Kejar Daku.

Pria yang menikah Giselawati Wiranegara ini, diketahui dikaruniai dua anak yaitu Senandung Nacita dan Zulfikar Rakita Dewa.

Sebelum memasuki ranah akting, Deddy Mizwar ternyata sempat menjadi pegawai di Dinas Kesehatan di Jakarta. Namun hanya bertahan 2 tahun. Pria yang berlatar pendidikan sekolah asisten apoteker (Sekolah Farmasi) ini merasa menjadi pegawai bukanlah jalannya.

Baca juga: Ini Dia Penyebab Sulit Majunya Calon Perseorangan di Pilkada Serentak 2018

5 Sosok Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Barat 2018IDN Times/YouTube.com

Hingga akhirnya, Deddy Mizwar mulai masuk ke dunia peran di tahun 1976, dan memborong banyak penghargaan karena bakatnya di dunia seni peran.

Salah satu penghargaan yang pernah ia dapatkan adalah Aktor Terbaik di Festival Film Indonesia 2007 pada film Nagabonar Jadi 2.

Selain menjadi aktor, Deddy Mizwar juga mengembangkan karirnya sebagai sutradara dan produser. Salah satu film yang pernah ia sutradarai adalah Alangkah Lucunya Negeri (ini) hingga mendapatkan penghargaan di Festival Film Bandung pada 2011.

5 Sosok Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Barat 2018IDN Times/YouTube.com

Tak puas menginjak karir pada dunia seni peran, Deddy Mizwar pun mulai menginjak dunia politik pada tahun 2013.

Deddy digandeng Ahmad Heryawan untuk menjadi Wakil Gubernur dalam Pemilihan Kepada Daerah Jawa Barat, dan terpilih untuk periode 2013-2018.

Dan pada Pilkada Jawa Barat 2018 nantinya, Deddy Mizwar maju untuk menjadi Calon Gubernur Jawa Barat yang diusung oleh Partai Demokrat.

2. Ridwan Kamil

5 Sosok Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Barat 2018ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Mochammad Ridwan Kamil atau yang biasa disapa Kang Emil ini, memiliki rekam jejak cemerlang hingga dirinya menjadi Wali Kota Bandung.

Ridwan Kamil menikah dengan Atalia Praratya dan memiliki 2 anak bernama Emmiril Khan Mumtadz dan Camillia Laetitia Azzahra. Ridwan Kamil sendiri lahir pada 4 Oktober 1971.

Ia memulai karir pada tahun 2004 dengan membuat sebuah perusahaan bernama Urbane, yang bergerak dalam bidang jasa konsultan perencanaan, arsitek, dan desain.

Baca juga: KPU dan Komisi II DPR Bahas Persiapan Pilkada 2018 dan Pilpres 2019

5 Sosok Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Barat 2018IDN Times/YouTube.com

Pria lulusan arsitek di ITB ini, sebelumnya sempat melanjutkan kuliah S2 di Universitas of California, Amerika Serikat. Di tahun 2013, Ridwan Kamil sudah mulai mengembangkan karirnya ke politik.

Ridwan bersama Oded Muhammad maju dalam Pilkada Kota Bandung yang diusung oleh Partai Gerindra dan PKS. Dan menang menjadi Walikota Bandung untuk periode 2013-2018.

Kini, Ridwan Kamil kembali maju untuk Pilkada Jawa Barat sebagai Calon Gubernur. Namun demikian, ia belum memutuskan siapakah yang akan mendampinginya dalam Pilgub Jawa Barat 2018 nanti.

3. Dedi Mulyadi

5 Sosok Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Barat 2018antarafoto.com

Nama Dedi Mulyadi mulai dikenal masyarakat sejak dirinya menjadi Bupati Purwakarta. Pria kelahiran Subang, 11 April 1971 dan menikahi Anne Ratna Mustika ini, memiliki 2 anak, yaitu Ahmad Habibie Bungsu Maula Akbar dan Yudistira Manunggaling Rhmaning Hurip.

Kebijakannya yang unik selama menjadi Bupati di Purwakarta, membuat dirinya semakin dikenal oleh masyarakat. Kecintaannya terhadap seni dan budaya lokal, dinilai memberikan warna tersendiri pada pribadinya.

Pria kelulusan Sekolah Tinggi Hukum Purnawarman ini, dulunya aktif dalam beberapa organisasi. Salah satunya, dia pernah aktif sebagai Ketua HMI cabang Purwakarta. Selain itu masih banyak lagi organisasi yang aktif dia ikuti.

Baca juga: Khofifah Maju di Pilkada Jawa Timur, Surya Paloh: Lebih Baik Mundur dari Menteri

5 Sosok Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Barat 2018ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Dedi Mulyadi mulai serius berkarir di politik sejak tahun 1998. Dirinya dipercaya untuk menjadi Wakil Sekretaris Partai Golkar Purwakarta.

Karirnya di partai Golkar terus berkembang hingga akhirnya dia menduduki kursi anggota DPRD Purwakarta dan menjadi Ketua Golkar Purwakarta.

Dedi juga maju di Pilkada Purwarkata menjadi Wakil Bupati berpasangan dengan Lily Hambali. Setelah menjadi Wakil Bupati periode 2003-2008, Dedi kembali maju menjadi Calon Bupati Purwakarta dan terpilih untuk periode 2008-2013.

Dan di tahun 2018 nanti, Golkar mengumumkan untuk mendukung penuh Dedi Mulyadi di Pilgub Jawa Barat. Namun, masih belum tahu siapakah yang akan mendampingi Dedi Mulyadi pada Pilgub Jawa Barat.

4. Sudrajat

5 Sosok Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Barat 2018merdeka.com

Mayjen (Purn) Sudrajat, lahir di Balikpapan, 4 Febriari 1949. Sudrajat adalah seorang Purnawiraan perwira tinggi TNI-AD. Sebelumnya, Sudrajat menjabat sebagai Dirjen Strategi Pertahanan, Departemen Pertahanan.

Sudrajat menikah dengan Sally Salziah dan memiliki dua anak yang bernama Angki Arrihan dan Pasha Prakasa.

Sudrajat menempuh pendidikan di Harvard University dengan mengambil jurusan Master of Public Administration.

Baca juga: Pengamanan Pilkada dan Pilpres Jadi Bahan Pertanyaan Calon Panglima Baru

5 Sosok Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Barat 2018merdeka.com

Selain itu, Sudrajat juga pernah menempuh pendidikan militer di Akademi Militer Magelang di tahun 1971 dan Officer Basic Course di Australia pada tahun 1973.

Di dalam perjalanan karirnya, ia pernah menjabat Kapuspen TNI pada tahun 1999. Namun Sudrajat dicopot oleh Presiden Abdurrahman Wahid dan digantikan Marsekal Muda Graito Usodo.

Tidak hanya itu, Sudrajat juga pernah menjadi Duta Besar untuk China dan Mongolia pada tahun 2005.

Pada 2017, Sudrajat diusung oleh Partai Gerindra untuk maju sebagai Calon Gubernur dalam pemilihan kepada daerah (Pilkada) Jawa Barat 2018.

Baca juga: Dukungan Empat Partai Politik Buat Ridwan Kamil 'Mantap' di Pilkada Jawa Barat

5. Ahmad Syaikhu

5 Sosok Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Barat 2018ahmadsyaikhu.com

Ahmad Syaikhu adalah pria kelahiran desa Ciledugkulon, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon. Syaikhu lahir pada tanggal 23 Januari 1965. Syaikhu menikah dengan Lilik Wakhidah dan dikarunia 6 orang anak. 

Syaikhu menyelesaikan pendidikannya di STAN. Sepanjang perjalanan karirnya, Ahmad Syaikhu pernah menjalani ikatan dinas sebagai auditor di Bandan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di Palembang, mulai tahun 1986 hingga 1989. Kemudian dilanjutkan di BPKP Pusat.

Baca juga: Jelang Pilkada Jawa Barat, Ini yang Dilakukan Golkar dan PDI Perjuangan

5 Sosok Ini Bakal Ramaikan Pilkada Jawa Barat 2018ahmadsyaikhu.com

Syaikhu mulai masuk ke dunia politik pada tahun 2004, dimana dirinya ikut pada Pemilu dan dicalonkan oleh PKS sebagai anggota di DPRD kota Bekasi. Dan kini Syaikhu menjabat sebagai Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Barat.

Di 2018 nanti, Syaikhu akan maju lagi dalam Pilgub Jawa Barat sebagai Cawagub yang dicalonkan oleh PKS.

Baca juga: Tiga Perwira Tinggi Ramaikan Pilkada, Ini Kata Polri

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya