3 Fakta Mengejutkan dari Survei INES, Prabowo dan Gerindra Menang Telak

Survei juga menyebutkan cawapres favorit

Jakarta, IDN Times – Lembaga survei Indonesia Network Election Survei (INES) menggelar survei mengenai elektabilitas para kandidat calon presiden di Pilpres 2019 mendatang. Berbeda dari lembaga survei lainnya yang selalu mengunggulkan Jokowi, kali ini INES menampilkan hasil survei Prabowo unggul dari Jokowi.

Survei INES sendiri dilaksanakan pada 12-28 April 2018 di 33 provinsi. Dengan jumlah responden sebanyak 2.180 orang. Dan para responden tersebar secara proporsional di 408 kabupaten/kota.

1. Prabowo ungguli Jokowi

3 Fakta Mengejutkan dari Survei INES, Prabowo dan Gerindra Menang TelakANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Peneliti INES, Basynursyah menyampaikan hasil survei dari lembaganya terkait elektabilitas kandidat calon presiden. Tiga kandidat utama yang dijadikan subjek survei utama adalah Jokowi, Prabowo Subianto, dan Gatot Nurmantyo.

Baca juga: Prabowo: Menangkan Gus Ipul Dulu, Pilpres Belakangan

Apabila di lembaga survei lainnya Jokowi selalu unggul dari Prabowo, namun, dalam hasil survei INES, elektabilitas Prabowo terlihat mengungguli Jokowi dan Gatot Nurmantyo.

“Jika pemilu dilakukan hari ini, siapa yang akan Anda pilih? Ini pertanyaan terbuka. Top of mind. Jokowi 27,7 persen. Prabowo 50,2 persen, Gatot Nurmantyo 7,4 persen," terang Basynursyah di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu (6/5).

2. Gerindra tertinggi 26,2 persen

3 Fakta Mengejutkan dari Survei INES, Prabowo dan Gerindra Menang TelakANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Tidak hanya Prabowo saja yang unggul dari Jokowi, melainkan Partai Gerindra juga mengungguli partai-partai lainnya. Basynursyah membacakan hasil survei partai yang akan dipilih, apabila pemilu diadakan saat itu juga.

“PKB 5,7 persen, Gerindra 26,2 persen, PDIP 14,3 persen,” terangnya.

Di bawah PDIP disusul oleh Golkar 8,20 persen, PKS dengan 7,10 persen. Dan juga Perindo dengan presentase sebesar 5,80 persen.

3. Cak Imin ungguli kandidat cawapres lainnya

3 Fakta Mengejutkan dari Survei INES, Prabowo dan Gerindra Menang TelakIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hasil survei selanjutnya adalah menentukan pendamping yang cocok untuk Jokowi ataupun Prabowo. Menurut hasil survei INES, yang dinilai memiliki kemampuan dengan pertanyaan terbuka pada 2180 responden, di antaranya adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Zulkifli Hasan, Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto, Anies Baswedan, Gatot Nurmantyo dan lainnya.

Di dalam hasil survei tersebut, Muhaimin Iskandar memimpin dengan hasil presentasi sebesar 20,20 persen. Disusul oleh Airlangga Hartarto di bawahnya, kemudian Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo.

“Airlangga Hartarto 17,4 persen. Muhaimin Iskandar 20,2 persen, Gatot Nurmantyo 9,2 persen, Said Agil 5,1 persen, Puan Maharani 7,5 persen, Anies Baswedan 9,7 persen,” kata Basynursyah membacakan hasil survei.

4. Selain INES, survei lain lebih mengunggulkan Jokowi

3 Fakta Mengejutkan dari Survei INES, Prabowo dan Gerindra Menang TelakFacebook/@KemensetnegRI

Sebelumnya, beberapa lembaga survei menunjukkan hasil yang mengunggulkan Jokowi. Salah satunya Cyrus Network. Di dalam hasil survei tersebut, Jokowi masih unggul dalam hal popularitas dan juga elektabilitas bila dibandingkam Prabowo Subianto.

Untuk elektabilitas, Jokowi masih unggul dengan persentase 90,3 persen. Posisi kedua dipegang Jusuf Kalla 88,0 persen, disusul Prabowo di urutan ketiga yakni 82,9 persen. Kemudian di bawahnya Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca juga: PKS dan Demokrat Nantikan Cawapres Jokowi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya