3 Alasan Kenapa Partai Golkar Optimistis Khofifah-Emil Memenangi Pilgub Jatim

Jawa Timur banyak pemilih yang rasional.

Jakarta, IDN Times – Pemilihan gubernur Jawa Timur berlangsung cukup sengit. Dalam beberapa hasil survei, kedua pasangan hanya berbeda tipis dengan hasilnya. Seperti di dalam hasil survei Poltracking.

Pasangan Khofifah-Emil unggul melawan Gus Ipul-Puti, namun perbandingannya cukup tipis hingga dikatakan pertarungan keduanya sangat ketat.

Partai Golkar yang menjadi salah satu partai pendukung untuk Khofifah-Emil pun optimistis jika hasil survei yang memuaskan tersebut juga akan sama ketika pemungutan suara, yaitu Khofifah-Emil akan unggul melawan Gus Ipul-Puti.

Salah satunya karena di Jawa Timur termasuk banyak pemilih yang rasional.

1. 49 persen pemilih di Jawa Timur adalah rasional

3 Alasan Kenapa Partai Golkar Optimistis Khofifah-Emil Memenangi Pilgub JatimIDN Times/Sukma Shakti

Lembaga survei Poltracking Indonesia membuat survei berdasarkan preferensi pemilih di Jawa Timur. Banyaknya latar belakang yang dimiliki oleh kedua pasangan calon, dibuatlah hasil survei berdasarkan prefensi pemilih dalam memilih pasangan calon. Dipilihlah tiga kategori preferensi pemilih untuk kedua pasangan calon Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti, yaitu rasional, psikologis, dan sosiologis. 

Menurut hasil survei, dalam dua kategori pemilih yang memilih berdasarkam sosiologis dan psikologis, diungguli oleh pasanhan Khofifah-Emil, dengan hasil survei sosiologis sebesar 48,4 dan psikologis 48,8 persen. Untuk pasangan Gus Ipul-Puti sendiri, pemilih yang melihat berdasarkan sosilogis dam psikologis sebesar 33,2 persen untuk sosiologis, dan 36,5 persen untuk psikologis.

Sedangkan untuk kategori rasional, hampir terbagi rata, dengan presentase sebesar 49 persen, pemilih rasional lebih unggul dibandingkan pemilih sosiologis dan psikologis.

2. Pemilih rasional akan memilih Khofifah-Emil

3 Alasan Kenapa Partai Golkar Optimistis Khofifah-Emil Memenangi Pilgub JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Melihat hasil survei bahwa pemimpin rasional lebih unggul dibanding pemilih sosiologis dan psikologis, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Muhammad Sarmuji meyakini bahwa pemilih rasional tersebut nantinya akan menjatuhkan pilihan terhadap pasangan Khofifah dan Emil. Pasalnya, Khofifah-Emil termasuk pasangan yang selalu menawarkan masa depan, bukan masa lalu.

Baca juga: Survei Poltracking: Khofifah-Emil Unggul Tipis dari Gus Ipul-Puti

“Saya meyakini pemilih rasional ini akan ke Khofifah-Emil. Karena Khofifah-Emil tidak menjual masa lalu, tapi menawarkan masa depan,” terang Sarmuji di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Minggu (18/3).

3. Tren Khofifah-Emil semakin meningkat

3 Alasan Kenapa Partai Golkar Optimistis Khofifah-Emil Memenangi Pilgub JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Tidak hanya optimis dengan pemilih rasional, Sarmuji mengatakan tren elektabilitas dalam semua survei selalu menempatkan Khofifah-Emil selalu meningkat. Tidak ada satu survei pun yang mengatakan tren Khofifah-Emil turun atau stabil. Hal itu dirasa Sarmuji akan menjadi efek positif ke depannya bagi kemenangan Khofifah dan Emil.

“Jadi yang biasanya naik, akan naik terus. Yang biasanya turun, akan turun terus. Jadi ini mirip-mirip Anies-Sandi-lah,” ujar Sarmuji.

Baca juga: Rhoma dan Soneta Siap Menangkan Khofifah-Emil di Jatim

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya