Sudirman Said: Jika Terpilih, Saya akan Buka 5 Juta Lapangan Kerja

Masalah ekonomi menjadi salah satu pokok bahasan dalam debat.

Semarang, IDN Times - Masalah ekonomi menjadi salah satu pokok bahasan dalam debat calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah di Metro TV, Kamis (15/3). Masalah ini menjadi krusial karena berkaitan dengan hajat hidup warga Jawa Tengah.

1. Ada satgas pemberantasan kemiskinan

Courtesy Metro TV

Angka penganguran di Jawa Tengah Agustus kemarin naik, cukup tinggi. Akibatnya penduduk yang miskin juga di atas nasional 12,23 persen. Bahkan di desa 13,92 persen. Jateng menyumbang 16 persen kemiskinan nasional. 

Menyikapi masalah ini Ganjar mengatakan, pihaknya akan berikan akses modal murah dari Bank Jateng agar mereka bisa hidup mendiri. "Ketika data sudah benar, treatment sudah benar, maka kita perlu membuat satgas pemberantasan kemiskinan. Tren kemiskinan menurun," kata Ganjar.

2. Gus Yasin akan memberdayakan pesantren

Courtesy Metro TV

Calon wakil gubernur Jateng pasangan Ganjar, Gus Yasin memiliki pendapat juga soal perekonomian Jateng. Menurut Gus Yasin untuk meningkatkan ekonomi mereka akan memberdayakan pesantren. 

Baca juga: Ini Pendapat Ganjar-Sudirman Perlakukan Kelompok Santri dan Abangan

"Selama ini pesantren yang bersifat sosial, kita ingin pesantern menjadi power ekonomi. Kita ingin membangun sentra pesantren, akan tumbuh ekonomi di sekeliling pesantren yang ada."

3. Sudirman janjikan lapangan kerja 5 juta

solopos.com

Menurut Sudirman Said pertumbuhan Jawa Tengah 2008-2015, 5,9 persen. Saat periode Ganjar hanya 5,31 persen. "Saya akan tumbuhkan ekonomi menjadi 6 persen. Kami juga komitmen menumbuhkan lapangan kerja menjadi 5 juta. Banyak hal yang meski kita kerjakan."

Baca juga: Beda Gaya Ganjar-Gus Yasin dan Sudirman-Ida dalam Debat Gubernur

 

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya