Perampokan Terjadi Saat Prosesi Paskah, Dua Orang Tewas

Ibadah yang seharusnya berlangsung khidmat menjadi tragedi

Peristiwa keagamaan yang seharusnya berjalan dengan khidmat berubah menjadi mencengangkan akibat adanya baku tembak ketika berlangsungnya rangkaian prosesi Paskah.

Puluhan jemaat penganut Katolik Roma yang mengenakan pakaian seperti orang Romawi Kuno dan tokoh-tokoh pada Alkitab, melarikan diri dari prosesi Jumat Agung yang dilaksanakan pada Jumat (30/3/2018) yang lalu di Kota Acapulco sekitar 300 km dari Kota Meksiko. 

Peristiwa tersebut tak lain dipicu oleh kepanikan yang dipicu oleh adanya suara-suara tembakan yang terdengar dari peristiwa perampokan mobil yang berlokasi tak jauh dari lokasi prosesi peribadatan itu.

1. Dua Orang Dinyatakan Tewas Dalam Insiden Perampokan Itu

Perampokan Terjadi Saat Prosesi Paskah, Dua Orang Tewasexpansion.mx

Menurut penjelasan dari Pemerintah Negara Bagian Guerrero seperti yang diberitakan oleh Reuters, salah satu pelaku perampokan tewas akinat serangan jantung selama baku tembak dengan pihak kepolisian. Sementara itu, satu perampok lainnya berhasil melarikan diri dari kejaran pihak kepolisian setempat.

Tak berselang lama setelah insiden konfrontasi antara pihak kepolisian dengan para perampok, seorang pria yang rumahnya tak jauh dari lokasi kejadian dinyatakan tewas dalam rentetan tembakan berikutnya.

Dilaporkan oleh laman berita Reuters bahwa berdasarkan sebuat video yang beredar menunjukkan para saksi mata di lokasi kejadian yang baru saja mengakhiri prosesi pemeragaan kembali Penyaliban, berlarian menerjag jalan utama semabli berteriak," Tetap tenang, tetap tenang!".

2. Tingkat Kejahatan Dan Pembunuhan di Acapulco Meningkat Beberapa Tahun Belakangan

Perampokan Terjadi Saat Prosesi Paskah, Dua Orang Tewasreuters.com

Acapulco adalah salah satu kota klasik yang cukup populer di Meksiko. Namun keindahan kota ini sedikit "tercemari" oleh adanya kenaikan tingkat pembunuhan dibeberapa tahun terakhir.

Peningkatan kejahatan dan pembunuhan ini justru meningkat tatkala pemerintah Meksiko tengah berupaya untuk memerangi dan juga meredam kejahatan narkotika yang telah mengakar di Negeri Amerika Latin ini.

Pada tahun lalu,  Negara yang berbatasan langsung dengan wilayah Amerika Serikat ini bahkan mencatatkan rekor pembunuhan pada masa pemerintahan Presiden Jose Antonio Meade.

3. Prosesi Jumat Agung di Reynosa Juga Dicampuri Insiden Baku Tembak

Perampokan Terjadi Saat Prosesi Paskah, Dua Orang Tewasvoanoticias.com

Selain di wilayah Kota Acapulco, peristiwa baku tembak juga mewarnai prosesi Jumat Agung di Reynosa, Negara Bagian Tamaulipas di wilayah utara Meksiko.

Baku tembak yang terjadi di Reynosa ini terjadi antara gabungan polisi dan militer melawan sekelompok bersenjata yang terjadi ditengah-tengah prosesi peribadatan. 

Dikutip dari earlytime.com mengungkapkan bahwa insiden baku tembak ini telah menewaskan satu orang tersangka kriminal di lokasi kejadian.

Menurut penjelasan yang dikutip dari earlytime.com mengungkapkan bahwa saksi mata di Reynosa mengatakan sebuah mobil patroli polisi tiba-tiba diserang oleh sekumpulan orang bersenjata yang mengendarai mobil Van. Insiden baku tembak ini terjadi hanya beberapa meter jauhnya dari lokasi prosesi peribadatan di Reynosa.

Korupsi dan kekerasan adalah dua masalah utama yang tengah dihadapi oleh Meksiko. Krisis itu semakin diperparah dengan aktivitas kejahatan narkotika yang nyaris mengakar di setiap sendi kehidupan negara itu.

Tingkat kekerasan dan juga korupsi yang cukup tinggi menjadi batu sandungan bagi Presiden Jose Antonio Meade yang akan kembali mencalonkan diri untuk pemilihan presiden pada Juli mendatang. Dari hasil jajak pendapat di negara itu, Presiden Meade menduduki peringkat ketiga dari empat kandidat yang akan memperebutkan jabatan presiden di negara itu.

Subagiyo Photo Verified Writer Subagiyo

Biarkan saja seperti ini.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya