[Update] Densus Tangkap 7 Orang Pelaku Bom Surabaya

Mereka merupakan bagian dari jaringan JAD

Surabaya, IDN Times - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menyatakan pihaknya telah menangkap tujuh pelaku teror bom di Surabaya dan Sidoarjo. Penangkapan dilakukan di sejumlah titik, yakni tiga orang di Surabaya dan empat orang Sidoarjo (dua ditangkap, dua ditembak mati). Di Surabaya sendiri, polri menangkap tiga orang berinisial W, A, dan F di Jembatan Merah. 

"Mereka sudah merencanakan penyerangan terhadap beberapa sasaran, tapi berhasil digagalkan. Kami tidak akan membuka sasaran ini," kata Frans di markasnya, Senin, (14/5). 

Kata Frans, dua pelaku ditembak mati karena mereka berupaya melawan petugas. "Melakukan perlawanan dengan 'apa yang dimilikinya' (kandungannya masih diselidiki laboratorium)," ujar Frans.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, teror bom di Surabaya terjadi di lima lokasi dalam dua hari ini. Di antaranya di Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya, GKI Jalan Diponegoro, Gereja Pantekosta Jalan Arjuno, Rusunawa Sidoarjo, dan markas Polrestabes Surabaya.

"Tapi yang di rusunawa lebih ke kecelakaan, mungkin dia keliru saat switching atau suhu panasnya tidak sesuai saat meracik bom, jadi meledak. Ini seperti senjata makan tuan," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Topik:

Berita Terkini Lainnya