Mengenang Bayu Rendra Wardhana si Penghadang Teroris

#SUROBOYOWANI Sosok Bayu di mata teman-temannya

Surabaya, IDN Times - Ledakan yang terjadi di tiga gereja di Surabaya memakan banyak korban. Salah satunya bernama Aloysius Bayu Rendra Wardhana, salah satu koordinator keamanan di Gereja St Maria Tak Bercela (GSMTB).

1. Bayu melakukan aksi heroik dengan menghadang teroris

Menurut penuturan Tedjo, salah seorang teman mendiang, di rumah duka Jl. Kertajaya I Raya no. 15A, Bayu menghadang teroris yang mencoba masuk.

"Kalau di gereja kan harus parkir dulu, namun pelaku nyelonong ngebut, makanya dihadang sama Bayu," katanya.

Keluarga Bayu sampai saat ini belum mendapatkan konfirmasi resmi bahwa Bayu termasuk salah satu korban.

Namun saksi mata yang tidak ingin disebutkan namanya berada 20 meter dari TKP sudah bisa memastikan bahwa sosok jasad yang hancur di halaman gereja tersebut adalah Bayu.

"Dia pakai baju dan sepatu itu, saya sempat ketemu sebelum parkir, walaupun belum dikonfirmasi resmi, ya saya yakin dia Bayu," katanya.

Baca Juga: Kapolri Desak DPR Segera Selesaikan RUU Terorisme

2. Kondisi rumah duka saat ini masih dipenuhi tanda tanya besar bagi semua pihak

Mengenang Bayu Rendra Wardhana si Penghadang TerorisSuasana di rumah duka. IDN Times/Stella Azasya

Bayu memiliki seorang istri dan dua putra yang masih kecil, satu berusia 7 tahun dan satu lagi baru berusia setahun. Mendiang juga dikenal sebagai sosok yang baik dan rajin.

Bayu merupakan seorang fotografer wedding, dia memiliki studio di sebelah rumahnya. Istrinya Monik mengatakan terakhir kali bertemu Bayu Minggu (13/5) pagi sebelum bergereja.

 

3. Dia adalah sosok yang rajin dan bertanggung jawab

Mengenang Bayu Rendra Wardhana si Penghadang Terorisfacebook.com/aloysiusbayu.rendrawardhana

Temannya yang lain, Yanto, menceritakan pribadi Bayu semasa hidupnya kepada IDN Times.

"Bayu itu cekatan banget. Kalo ada tugas gereja pasti dia duluan bantu. Bertanggung jawab juga. Saya kenal dia sudah sepuluh tahun lebih, sejak saya belum menikah. Dia juga supel banget. Punya banyak temen," katanya.

Benar-benar tidak ternilai pengorbanan yang Bayu lakukan. Mengingat Bayu menjadi korban karena berusaha menghadang teroris yang berusaha masuk ke gereja, Bayu sudah menyelamatkan banyak orang karena aksinya tersebut.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya