Bagaimana Hasil Pilkada di 9 Daerah yang Cuma Punya Paslon Tunggal? Simak di Sini!

Adakah yang gagal melaju? Adakah yang harus pemilihan ulang? Bagaimana pula tingkat partisipasi masyarakatnya? Simak disini!

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 memang sudah selesai. Warga Indonesia di 7 provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota telah menetapkan pilihannya. Ada yang sangat menarik di pesta demokrasi tahun ini, yaitu adanya 9 daerah yang hanya memiliki 1 calon kepala daerah pasangan tunggal. Artinya, di waktu pencoblosan kemarin, masyarakat hanya disodorkan 1 pilihan saja. Pasangan calon kepala daerah tersebut hanya akan gagal melaju sebagai Gubernur/Bupati/Walikota bilamana lebih banyak jumlah masyarakat yang memilih kotak kosong.

Terlepas dari berbagai macam faktor kenapa hanya 1 pasangan calon saja yang maju, mari kita simak bagaimana hasil pilkada 9 daerah tersebut.

1. Kabupaten Buton

Bagaimana Hasil Pilkada di 9 Daerah yang Cuma Punya Paslon Tunggal? Simak di Sini!id.wikipedia.org

Calon pasangan tunggal yang mengikuti Pilkada Kabupaten Buton yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara ini adalah Samsu Umar Abdul Samiun, SH dan Drs. LA Bakry, M.Si. Menariknya, jumlah yang memilih kotak kosong cukup tinggi disini, yaitu 44.92%. Walaupun begitu, lebih banyak masyarakat yang menyatakan dukungan kepada mereka berdua, yaitu 55.08%.

Di sisi lain, tingkat partsipasi masyarakat dalam mencoblos kiranya masih harus perlu ditingkatkan karena hanya 71.5% yang tergerak untuk menggunakan hak pilihnya.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan simak

https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t2/sulawesi_tenggara/buton

2. Kota Jayapura

Bagaimana Hasil Pilkada di 9 Daerah yang Cuma Punya Paslon Tunggal? Simak di Sini!wikipedia.org

Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M. dan Ir. H. Rustan Saru, M.M. merupakan pasangan tunggal calon Walikota Kota Jayapura. Hasil Pilkada lalu menyebutkan bahwa 84.34% masyarakat di Kota Jayapura memilih mereka berdua untuk menjadi pemimpin di Kota Jayapura.

Sayangnya tingkat partisipasi masyarakat disini terbilang cukup rendah karena perbandingan antara yang memilih dan tidak memilih terbilang tipis, yaitu 51.5% : 48.5%.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan simak

https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t2/papua/kota_jayapura

3. Kabupaten Landak

Bagaimana Hasil Pilkada di 9 Daerah yang Cuma Punya Paslon Tunggal? Simak di Sini!wikimedia.org

Kabupaten Landak merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Pasangan yang maju pada Kabupaten Landak ini adalah dr. Karolin Margret Natasa dan Herculanus Heriadi, SE. Mereka berdua akan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Landak setelah 96.72% masyarakat yang memilih menetapkan pilihannya untuk mendukung mereka.

Hanya 7.7% masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan simak

https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t2/kalimantan_barat/landak

4. Kabupaten Maluku Tengah

Bagaimana Hasil Pilkada di 9 Daerah yang Cuma Punya Paslon Tunggal? Simak di Sini!telusurindonesia.com

Di Kabupaten Maluku Tengah ini calon kepala daerah pasangan tunggal yang maju adalah Tuasikal Abua, SH dan Martlatu L. Leleury, SE. Mereka berdua akan diangkat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah karena sebanyak 70.78% masyarakat pemilih menetapkan kepercayaannya untuk dipimpin oleh mereka berdua. Maluku Tengah sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Maluku

Tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya rasanya masih perlu ditingkatkan karena 31.6% masyarakat pemilih tidak ikut mencoblos pada waktu Pilkada kemarin.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan simak

https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t2/maluku/maluku_tengah

5. Kota Sorong

Bagaimana Hasil Pilkada di 9 Daerah yang Cuma Punya Paslon Tunggal? Simak di Sini!sukapergi.com

Sebesar 78.09% masyarakat di Kota Sorong menyatakan dukungannya pada pasangan tunggal calon Walikota Sorong, Drs. Ec. Lamberthus Jitmau, MM dan dr. Hj. Pahima Iskandar. Kota Sorong sendiri adalah salah satu Kota yang berada di Kabupaten Papua Barat.

Disini jumlah masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya cukup tinggi yaitu 33.5%

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan simak

https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t2/papua_barat/kota_sorong

6. Kabupaten Pati

Bagaimana Hasil Pilkada di 9 Daerah yang Cuma Punya Paslon Tunggal? Simak di Sini!wikipedia.org

Kabupaten Pati merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Pasangan calon kepala daerah yang maju dalam Pilkada 2017 ini adalah H. Haryanto, SH, MM, M.Si dan H. Saiful Arifin. Mereka berdua akan melaju sebagai Bupati dan Wakil Bupati karena sebanyak 74.51% dari warga pemilih menetapkan suara mereka untuk mereka berdua sebagai pemimpin Kabupaten Pati.

Di sisi lain, tingkat partisipasi masyarakat masih perlu diedukasi karena sebanyak 31.3% masyarakat pemilih tidak menggunakan hak pilihnya di Pilkada 15 Februari lalu.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan simak

https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t2/jawa_tengah/pati

7. Kabupaten Tambrauw

Bagaimana Hasil Pilkada di 9 Daerah yang Cuma Punya Paslon Tunggal? Simak di Sini!visittambrauw.blogspot.sg

Selain Kota Sorong, di Kabupaten Papua Barat yang mengadakan Pilkada adalah Kabupaten Tambrauw. Pasangan tunggal yang mengikuti Pilkada Calon Kepala Bupati dan Wakil Bupati adalah Gabriel Asem, SE, M.Si dan Mesak Metusala Yekwam, SH. Sebanyak 90.06% pemilih menyatakan dukungannya kepada pasangan tunggal tersebut untuk menjadi pemimpin di Kabupaten Tambrauw.

Tingkat partisipasi masyarakat di Kabupaten Tambrauw ini perlu kita contoh karena hanya 1.5% saja masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan simak

https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t2/papua_barat/tambrauw

8. Kabupaten Tebing Tinggi

Bagaimana Hasil Pilkada di 9 Daerah yang Cuma Punya Paslon Tunggal? Simak di Sini!beritasumut.com

Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M. dan Ir. H. Oki Doni Siregar merupakan pasangan tunggal calon Kabupaten Tebing Tinggi. Hasil Pilkada lalu menyebutkan bahwa 71.39% masyarakat di Kabupaten Tebing Tinggi memilih mereka berdua untuk menjadi pemimpin. Tebing Tinggi sendiri merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara.

Di sisi lain, tingkat partisipasi masyarakat untuk ikut merayakan Pilkada ini cukup rendah karena sebesar 44.2% masyarakat tidak menggunakan hak pilihnya.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan simak

https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t2/sumatera_utara/kota_tebing_tinggi

9. Kabupaten Tulang Bawang Barat

Bagaimana Hasil Pilkada di 9 Daerah yang Cuma Punya Paslon Tunggal? Simak di Sini!wikimedia.org

Di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang berada di Provinsi Lampung, calon kepala daerah tunggalnya adalah Umar Ahmad, SP dan Fauzi Hasan, S.E, M.M. Hasil Pilkada lalu menunjukkan tingkat dukungan masyarakat yang tinggi kepada mereka dengan perolehan suara sebesar 96.75%.

Tingkat partisipasi masyarakat di kabupaten ini sebesar 88.4%

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan simak

https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t2/lampung/tulang_bawang_barat

Shibgho Photo Verified Writer Shibgho

Meninggalkan jejak lewat tulisan. Intip info lainnya http://informasiobatterkini.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya