Sebelum Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin, Setnov Sudah Bayar Hukuman Denda Rp 500 juta

Ia akan mendekam di Lapas Sukamiskin selama 15 tahun

Jakarta, IDN Times - Persiapan pemindahan terdakwa Setya Novanto ke Lapas Sukamiskin pada Jumat (4/5) sudah hampir rampung. Kuasa hukum Novanto, Firman Wijaya, mengatakan kliennya akan dipindahkan ke Lapas Sukamiskin pukul 14:00 WIB. 

Sebelum dipindahkan, pihak rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Novanto. Dalam rekam medisnya, mantan Ketua DPR itu diketahui pernah dioperasi jantung dan mengalami hipertensi tinggi. 

"Proses administrasi dari jaksa penuntut umum (JPU) ke jaksa eksekusi sudah disiapkan. Hanya tinggal serah terima, lalu tanda tangan. Diperkirakan Pak Novanto akan dipindahkan sekitar jam 13:30 atau 14:00 WIB. Jadi, selaku penasihat hukum, saya memastikan semua proses administrasinya tidak ada yang kurang," ujar Firman yang ditemui di dekat rutan KPK pada Jumat (4/5). 

Novanto akan mendekam di Lapas Sukamiskin selama 15 tahun. Sesuai putusan majelis hakim Pengadilan Tipikor, pria berusia 62 tahun itu gak berhak mendapat fasilitas pembebasan bersyarat nantinya, karena pengajuan status "justice collaborator" nya ditolak. 

Lalu, apakah isteri Novanto, Deisti Astriani akan ikut menyaksikan proses pemindahan dari rutan KPK ke Lapas Sukamiskin? Siapa teman satu sel Novanto di Lapas Sukamiskin?

1. Isteri Novanto langsung menyusul ke Lapas Sukamiskin 

Sebelum Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin, Setnov Sudah Bayar Hukuman Denda Rp 500 jutaIDN Times/Santi Dewi

Menurut Firman, isteri Novanto, Deisti Astriani Tagor tidak ikut mendampingi ketika dilakukan proses pemindahan dari rutan KPK ke Lapas Sukamiskin. Perempuan berusia 48 tahun itu, kata Firman, akan langsung menanti suaminya di Lapas Sukamiskin. 

"Keluarga sudah mendahului. Saya belum bisa memastikan siapa saja dari keluarga yang akan ikut mendampingi. Tetapi, yang pasti Bu Deisti sudah mengarah ke Lapas Sukamiskin," ujar Firman. 

Baca juga: Tak Jadi Ajukan Banding, Setya Novanto Segera Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin

2. Setya Novanto akan mengenakan kaos dan jeans ketika dipindahkan ke Lapas Sukamiskin 

Sebelum Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin, Setnov Sudah Bayar Hukuman Denda Rp 500 jutaANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

Firman mengatakan, saat dipindahkan, mantan Ketua Umum Partai Golkar itu akan mengenakan kaos, celana jeans warna biru dan sepatu kets. Tujuannya, karena ia ingin perjalanan tersebut bermakna. 

"Beliau ingin relaks dengan teman-teman media. Kira-kira begitu. Ya, Beliau lah tegar dan sehat. Kan sudah berkali-kali juga disampaikan kalau Beliau ingin nyantri," kata dia. 

Novanto, katanya lagi, ingin melalui proses pemindahan ini berlangsung secara normal. 

3. Belum tahu siapa teman satu selnya

Sebelum Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin, Setnov Sudah Bayar Hukuman Denda Rp 500 jutaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Ketika ditanya dengan siapa Novanto akan ditahan, Firman mengaku masih belum tahu. Sebab, sebagai napi baru, maka Novanto masih harus menjalani proses orientasi, tujuannya agar bisa beradaptasi. 

"Belum tahu Beliau akan dijadikan satu sel dengan siapa, karena kan ada proses orientasi. Berapa lama orientasinya, itu kebijakan lapas," tutur Firman. 

4. Setya Novanto sudah membayar denda Rp 500 juta 

Sebelum Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin, Setnov Sudah Bayar Hukuman Denda Rp 500 jutaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sementara, menurut juru bicara KPK, Febri Diansyah, Novanto diketahui sudah membayar denda senilai Rp 500 juta dan biaya perkara senilai Rp 7.500,00. Uang pengganti senilai US$ 7,5 juta atau setara Rp 100 miliar masih belum dibayar. 

"Namun, pihak terdakwa telah menyerahkan surat kesanggupan untuk membayar," kata Febri melalui keterangan tertulis pada hari ini. 

Menurut Firman, uang pengganti belum dibayarkan karena masih harus ditentukan lebih dulu berapa kepastian nominalnya. Sebab, ada perbedaan angka. Sebelumnya, Novanto sudah membayar uang sebesar Rp 5 miliar yang ditransfer melalui isterinya ke rekening KPK. 

Baca juga: Hari Ini Dipindah ke Lapas Sukamiskin, Setnov Berharap Ikut Didampingi Isteri

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya