KPK Tangkap Anggota DPR Dalam Operasi Tangkap Tangan

Ada uang ratusan juta rupiah sebagai bukti

Jakarta, IDN Times - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap anggota DPR pada Jumat malam (4/5). Menurut juru bicara KPK, Febri Diansyah, OTT tersebut dilakukan di Jakarta. 

"Ada 9 orang yang diamankan dengan barang bukti sejumlah uang. Kami duga telah terjadi transaksi pemberian uang pada penyelenggara negara," ujar Febri melalui keterangan tertulis pada Sabtu dini hari (5/5). 

Lalu, berapa banyak uang tunai yang berhasil disita dari OTT kali ini?

1. Ditemukan uang dengan nominal ratusan juta rupiah 

KPK Tangkap Anggota DPR Dalam Operasi Tangkap TanganIDN Times/Sukma Shakti

Menurut juru bicara KPK, Febri Diansyah, penyidik menemukan uang dengan nominal ratusan juta rupiah usai mengamankan anggota DPR tersebut. 

"Kami duga telah terjadi transaksi pemberian uang pada penyelenggara negara," kata Febri melalui keterangan tertulis pada dini hari ini. 

Baca juga: Terungkap, Bupati Bandung Barat Abu Bakar Berbohong Soal OTT KPK

2. KPK amankan sembilan orang dari OTT kali ini

KPK Tangkap Anggota DPR Dalam Operasi Tangkap TanganIDN Times/Sukma Shakti

Mantan aktivis anti korupsi itu menyebut dalam OTT kali ini ada 9 orang yang diamankan. Mereka terdiri dari anggota DPR, pihak swasta, pendamping atau sopir, dan PNS. 

Febri membantah OTT pada Jumat malam terkait pejabat di Provinsi Jawa Timur. KPK memiliki waktu 24 jam untuk menentukan status dari 9 orang tersebut. 

3. Sembilan orang itu sudah tiba di kantor KPK dan tengah dimintai keterangan

KPK Tangkap Anggota DPR Dalam Operasi Tangkap TanganIDN Times/Sukma Shakti

Febri mengatakan sembilan orang itu sudah dibawa ke kantor lembaga anti rasuah dan dimintai keterangan. Siapa saja yang statusnya dinaikan menjadi tersangka akan disampaikan oleh KPK dalam keterangan pers pada hari Sabtu (5/5). 

Baca juga: Bagaimana Jika Kandidat Terjaring OTT dan Menang Pilkada? Ini Penjelasannya

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya