Keren! Menteri Susi Pudjiastuti Naik Pesawat Garuda yang Dipiloti Perempuan

Garuda Indonesia punya lebih dari 4.500 karyawan perempuan

Jakarta, IDN Times - Ada kejutan yang dibuat oleh PT Garuda Indonesia bagi para pengguna jasanya di hari Kartini pada Sabtu (21/4). Mereka mengadakan "Kartini Flight" bagi pesawat Garuda Indonesia GA204 rute Jakarta-Yogyakarta. 

Selain itu, ada kejutan lainnya. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti muncul di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Dengan mengenakan sanggul dan kebaya berwarna hijau, ia membagikan cokelat kepada para penumpang yang tengah menanti proses boarding. 

Hal yang lebih mengejutkan lagi, ternyata ia ikut dalam penerbangan menuju ke Yogyakarta. Ternyata pesawat itu dioperasikan oleh kru yang semuanya kaum perempuan. 

Lihat aja, pilotnya adalah Ida Fiqriah, kapten perempuan pertama di maskapai berpelat merah tersebut. Kira-kira siapa lagi kru yang ikut dalam penerbangan spesial itu? Apa komentar Menteri Susi? 

1. Perempuan mampu membuktikan diri dengan bekerja di dunia yang didominasi kaum laki-laki

Keren! Menteri Susi Pudjiastuti Naik Pesawat Garuda yang Dipiloti Perempuan PT Garuda Indonesia

Menteri Susi mengaku kagum dengan penerbangan khusus yang ia tumpangi. Sebab, semua kru yang dilibatkan dalam penerbangan pagi tadi semuanya adalah perempuan. Dimulai dari awak kabin dan petugas daratnya pun juga kaum hawa. 

"Ini membuktikan mereka mampu bekerja di tengah dunia yang sarat dengan perkembangan teknologi dan tantangan dinamika karier yang ada," ujar Susi sesaat sebelum mengudara dengan penerbangan GA204 dan tertuang dalam keterangan tertulis pagi ini. 

Ia menilai Garuda telah mampu dengan baik mengakomodasi aktualisasi kaum perempuan dalam jenjang karier profesional di industri penerbangan. 

Begitu tiba di Yogyakarta, Susi mengikuti program Corporate Social Responsibility dengan memberikan perlengkapan membatik untuk masyarakat di Sleman. Selain itu, ia turut menyumbangkan peralatan tangkap ikan untuk para nelayan di pesisir Yogyakarta.

Baca juga: Gaya Menteri Susi Pudjiastuti Terbang dengan Garuda di Hari Kartini

2. Didukung oleh semua kru pesawat perempuan 

Keren! Menteri Susi Pudjiastuti Naik Pesawat Garuda yang Dipiloti Perempuan www.twitter.com/@susipudjiastuti

Pada hari ini tidak hanya Susi yang terlihat anggun mengenakan sanggul dan kebaya, tetapi juga semua kru perempuan di Garuda Indonesia serta para pengumpang maskapai GA204. Mereka terlihat mengenakan beragam jenis kebaya, mulai dari encim hingga kutu baru. 

Berikut para kru perempuan yang ikut dalam penerbangan pagi ini: 

  • Captain Pilot: Capt. Ida Fiqriah (kapten pilot perempuan pertama GA)
  • First Officer (FO/co-pilot)  Melinda
  • Flight Service Manager (FSM): Evi Soenarjono
  • Flight Attendant (FA): Kristina Halim
  • Flight Attendant (FA): Sandra Junaedi
  • Flight Attendant (FA): Lysda Taher
  • Flight Attendant (FA): Chika Annisa
  • Flight Attendant (FA): Kartika Hermiyanti
  • Engineer Aircraft Release: Pita Hadi Sriwahyuni
  • Engineer Aircraft Release: Dessy Purnamasari
  • Load Control: Maria Apriliyanti
  • Ramp Dispatcher: Woro Tyas
  • Flight Dispatcher: Iknashela Marasika

Garuda turut mengajak dua perempuan petugas Air Traffic Control Airnav dan seorang pengemudi bus Damri. 

3. Ada lebih dari 4.500 karyawan Garuda yang perempuan 

Keren! Menteri Susi Pudjiastuti Naik Pesawat Garuda yang Dipiloti Perempuan www.twitter.com/@susipudjiastuti

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Garuda Indonesia, Sari Suharso mengatakan di perusahaan tempatnya bekerja tidak ada batasan bagi kaum perempuan. Hal itu dibuktikan perempuan bisa menggapai posisi apa pun, dimulai dari kapten pilot, awak kabin hingga release. 

"Dan kami memiliki perempuan yang ada di posisi tersebut," ujar Sari. 

Dari data di Garuda, ada lebih dari 4.500 karyawan perempuan. Sebanyak 29 perempuan bertugas sebagai pilot, 101 karyawan perempuan bekerja sebagai teknisi dan engineer di Garuda Maintenance Facility (GMF)-Aeroasia. Bahkan, 11 orang releaseman perempuan di Garuda sudah memiliki lisensi berbagai jenis pesawat yang dikuasainya. Keren ya! 

Baca juga: Jadi Kartini Masa Kini? Simak Pesan Risma Ini

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya