Cerita Setya Novanto di Balik Rutan KPK: Dari Potong Rambut Hingga Kangen Istri

Penasaran apa aja aktivitas Setya Novanto di balik rutan?

Jakarta, IDN Times - Hampir tiga bulan terdakwa Setya Novanto menghuni rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dari semula menampilkan drama sakit, kini mantan Ketua DPR itu seolah sudah bisa menerima keadaan. 

Dalam waktu sekejap, semua yang diraihnya nyaris lenyap. Kursi sebagai Ketua DPR dan Ketua Umum Partai Golkar terpaksa melayang serta diberikan kepada orang lain. 

Namun, momen itu sudah berlalu. Sejak mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC) atau saksi pelaku yang bekerja sama, Novanto selalu datang dalam keadaan senyum saat hendak diperiksa penyidik KPK. Bahkan, ia mulai membiasakan diri menjadi penghuni rutan lembaga antirasuah dan menyebut selnya seperti kamar kost. 

Berikut cerita Novanto saat berada di rutan:

1. Merasa jadi anak kost

Cerita Setya Novanto di Balik Rutan KPK: Dari Potong Rambut Hingga Kangen IstriANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Kehidupan Novanto berubah 180 derajat. Kalau ia biasanya hidup mewah di rumah megah di Jalan Wijaya Kebayoran Baru, maka sejak jadi tahanan di rutan KPK, ia harus tidur di ruangan yang sempit. Itu pun ia harus berbagi tempat tidur dengan tahanan lainnya. 

Kalau ingin makan pun, Novanto tidak bisa bepergian ke restoran mewah dan memilih menu mahal. Mie instan, nasi uduk dan lontong sayur adalah menu yang sehari-hari ia santap. Jadi, jangan heran, kalau ia mengibaratkan dirinya seperti anak kost. 

"Sekarang kan jadi anak kos. Jadi rakyat jelata," kata Novanto sambil tertawa saat ditemui pada akhir Januari lalu di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. 

Baca juga: Ada Nama 'Ibas' di Dalam Buku Hitam Setya Novanto

Bahkan, ia juga harus mengerjakan beberapa pekerjaan rumah, mulai dari cuci piring, menyapu hingga mengepel lantai di dalam rutan. 

"Kalau di ruang tahanan kita bersihkan, kita lap jangan sampai kotor. Laba-laba kita bersihkan, supaya tetap terjaga," ujarnya. 

2. Nonton film horor dari dalam rutan

Cerita Setya Novanto di Balik Rutan KPK: Dari Potong Rambut Hingga Kangen IstriANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Aktivitas lain yang ia lakukan di dalam rutan yakni menyaksikan film horror di televisi. Di rutan KPK memang disediakan satu televisi layar datar di area bersama.

"Ya, lihat televisi ada cerita-cerita horor ya, berkaitan dengan cerita-cerita ya banyak," ujar Novanto pada pagi tadi sebelum sidang lanjutan korupsi KTP Elektronik dimulai. 

Ia mengaku tidak ada pengalaman mistis yang ditemukan selama ditahan di dalam rutan. Hal itu lantaran semua tahanan rajin beribadah. Novanto pun memanfaatkan waktunya di rutan untuk lebih rajin menunaikan salat. 

"Kebetulan semua bersih dan sembahyangnya kuat-kuat. Kami selalu salat berjamaah," kata dia. 

Baca juga: Hadiri Sidang E-KTP, Setya Novanto Curhat 4 Hal Lucu Ini

Kadang-kadang yang jadi imam salat, ujarnya, adalah Rochmadi Saptogiri, Auditor Utama Keuangan Negara BPK yang terlibat tindak pidana suap. Selain salat, Novanto juga menggunakan waktunya untuk belajar membaca Al-Quran. 

Para tahanan KPK itu justru semakin dekat karena mereka sering ngobrol dan sesekali curhat. Apa saja yang menjadi bahan pembicaraan?

"Kami sharing, lalu kami sama-sama mengatakan agar menyerahkan semua kepada Tuhan. Pak Sapto sering cerita ke saya bagaimana kesusahannya. Ada juga para bupati yang menceritakan kesulitannya, ya kita percayakan saja kepada penyidik atau jaksa," tutur dia.

3. Kangen istri dan anak

Cerita Setya Novanto di Balik Rutan KPK: Dari Potong Rambut Hingga Kangen IstriANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Hampir tiga bulan berada di dalam rutan mau tidak mau menyebabkannya rindu terhadap istri dan kedua anaknya. 

"Satu-satunya orang yang diharapkan kalau susah di kost bukan pengen politik atau jabatan. Harapannya (pengen bertemu) keluarga, istri dan anak," kata dia.

Sang istri Deisti Asriani Tagor memang setia mendampingi Novanto. Bak kisah romantis, ia tidak pernah absen mendampingi suaminya saat sidang. Ia juga rutin mengunjungi Novanto dan membawakan baju ganti serta makanan. Bahkan, dalam kunjungan selanjutnya ke rutan, Deisti mengaku akan menyiapkan sajian kepala ikan kakap. 

4. Potong rambut gaya anak muda

Cerita Setya Novanto di Balik Rutan KPK: Dari Potong Rambut Hingga Kangen IstriIDN Times/Santi Dewi

Ada hal yang berbeda dari Novanto ketika menghadiri sidang pagi tadi. Ia terlihat cukur rambut. Mengenai aktivitasnya ini, Novanto tidak membantahnya. 

Ia mengaku menggunakan jasa tukang cukur pinggir jalan yang biasa mangkal di dekat rutan Gedung KPK. Tapi, apakah tukang cukur itu boleh masuk ke dalam rutan?

"Itu sudah diteliti sama pengawal KPK dan dipindai. Saya juga (mengucapkan) terima kasih karena bisa potong rambut sebulan sekali. Biasanya potong (rambut) dua minggu sekali," ujarnya. 

Ketika ditanyakan potongan rambutnya kini, Novanto mengaku tidak tahu modelnya. 

"Baru kali ini pakai gaya rambut begini. Udah potongan gaya anak muda sekarang, biar gak keliatan susah," katanya lagi.

Baca juga: Setya Novanto Tak Harus Mengakui Dakwaan untuk Jadi Justice Collaborator

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya