Bupati Bengkulu Selatan yang Kena OTT KPK Ternyata Pernah Mendekam di Cipinang 7 Tahun

Dirwan Mahmud terancam hukuman penjara 20 tahun

Jakarta, IDN Times - Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud akhirnya kembali harus berhadapan dengan hukum usai tertangkap tangan dalam operasi senyap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa malam (17/5) di Kecamatan Manna.

Dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) itu, penyidik KPK menemukan uang senilai Rp 85 juta. Tetapi, setelah dilakukan penggeledahan di rumah keponakan Dirwan yang bernama Nursilawati (Kepala Seksi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan), penyidik menemukan adanya bukti transfer ke rekening isteri Bupati, Hendrawati sebesar Rp 13 juta. 

Usai diperiksa selama hampir 12 jam, Dirwan akhirnya keluar dari gedung lembaga anti rasuah dengan mengenakan rompi oranye. Maka, statusnya jelas sudah. Ia ditahan selama 20 hari ke depan di rutan cabang KPK. Statusnya pun telah berubah menjadi tersangka.

Kepada media yang telah menantinya, Dirwan mengaku apa yang ia alami jelang Ramadan adalah sebuah tragedi. 

"Intinya ini tragedi buat saya. Saya gak bisa katakan dan saya gak menyangka akan seperti ini. Tapi, biar bagaimana pun, kita lihat prosesnya sekarang," ujar Dirwan dini hari tadi. 

Penyidik KPK menyangkakan Dirwan dengan pasal 12 huruf a atau huruf b UU nomor 20 tahun 2001 yang ancaman hukumannya maksimal penjara 20 tahun. 

Menilik ke belakang, ini bukan kasus hukum pertama yang harus dialami Dirwan. Sebelumnya, ia sudah menjadi residivis selama tujuh tahun akibat kasus pengeroyokan hingga menewaskan satu orang.

Lalu, apa lagi rekam jejak Dirwan hingga akhirnya ia terjaring dalam OTT KPK?

1. Pernah ditahan di Lapas Cipinang selama tujuh tahun sebelum menjadi bupati 

Bupati Bengkulu Selatan yang Kena OTT KPK Ternyata Pernah Mendekam di Cipinang 7 TahunIDN Times/Santi Dewi

Dirwan terpilih menjadi bupati pada periode 2016-2021. Namun, sebelum menuju kursi bupati, Dirwan pernah mendekam di Lapas Cipinang selama tujuh tahun pada periode 1985-1992. Ia terlibat kasus pengeroyokan hingga menewaskan satu orang. 

Akibat status residivisnya ini, menjadi batu terjal bagi Dirwan menuju kursi bupati pada periode 2009-2014. Sebab, ia sempat memenangkan Pilkada di tahun 2009 ketika berpasangan dengan Hartawan. Tetapi, kemenangan itu dianulir oleh Mahkamah Konstitusi pada 7 Januari 2009. 

Penantang Dirwan yakni Reskan Effendi-Rohidin Mersyah menggugat kemenangan Dirwan ke MK. Sesuai dengan syarat calon yang tertuang di UU nomor 12 tahun 2008 tentang pemerintahan daerah, maka mereka gak boleh memiliki rekam jejak residivis. 

Alhasil, pada tahun 2010, dilakukan Pilkada ulang tanpa boleh menyertakan pasangan Dirwan-Hartawan. Di sini pasangan penantang Dirwan pun yang memenangkan kursi bupati pada periode 2010-2015. 

Baca juga: Jelang Ramadan, KPK Jaring Bupati Bengkulu Selatan Melalui OTT

2. Tertangkap membawa ekstasi di pelabuhan 

Bupati Bengkulu Selatan yang Kena OTT KPK Ternyata Pernah Mendekam di Cipinang 7 TahunANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Kasus hukum sepertinya enggan meninggalkan Dirwan. Ia kembali berurusan dengan polisi ketika tertangkap membawa ekstasi saat hendak menuju Jakarta melalui Pelabuhan Bakauheni. 

Kasus Dirwan bergulir hingga ke tingkat kasasi di Mahkamah Agung. Majelis hakim menjatuhkan pidana penjara selama 4 tahun dan 3 bulan. Ia pun menjalani penahanan di LP Klas IIA Kalianda dan bebas pada 6 Agustus 2015. 

Namun, Pilkada Bengkulu Selatan yang digelar pada Desember 2015 memberikan angin segara bagi Dirwan. Sebab, aturan yang melarang terpidana dengan ancaman hukuman di atas lima tahun ikut Pilkada dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi  pada 9 Juli 2015. 

Dengan bermodalkan itu, ia pun mengikuti Pilkada untuk kali kedua. Kali ini ia juga berpasangan dengan Gusnan Mulyani ketika berhadapan kembali dengan petahana Reskan Effendi. 

Ketika ia menang, Reskan Effendi kembali menggugat hasilnya ke MK dengan alasan Dirwan pernah menjadi residivis kasus narkoba. Tetapi, majelis hakim menolak gugatan tersebut. Dirwan-Gusnan pun dilantik pada 17 Februari 2016. 

3. Dijebak dengan kasus narkoba oleh mantan Bupati 

Bupati Bengkulu Selatan yang Kena OTT KPK Ternyata Pernah Mendekam di Cipinang 7 TahunANTARA FOTO/David Muharmansyah

Seolah masih menyimpan dendam, Reskan Effendi kemudian menjebak Dirwan. Badan Narkotika Nasional (BNN) mengaku menemukan narkoba di ruang kerja Dirwan. Mereka mengklaim mendapat informasi berdasarkan laporan masyarakat. 

Namun, saat itu Dirwan sedang gak berada di ruang kerjanya. Ia malah sedang mengurus gugatan di MK. Setelah dilakukan tes urine, hasilnya pun negatif. 

Setahun kemudian terkuak kalau itu merupakan jebakan dari Reskan. Polisi kemudian menetapkan Reskan dan mantan Kabid Berantas BNNP Bengkulu Herly Yudianto sebagai tersangka. Usai kasusnya bergulir di meja hijau, Reskan dinyatakan bersalah telah menjebak Dirwan. 

4. Terancam dipecat Partai Perindo 

Bupati Bengkulu Selatan yang Kena OTT KPK Ternyata Pernah Mendekam di Cipinang 7 TahunIDN Times/Sukma Shakti

Dirwan diketahui merupakan Ketua Dewan Perwakilan Perindo di area Bengkulu Selatan. Ia mengaku masih berkomunikasi dengan Perindo terkait masalah bantuan hukum baginya. 

Namun, Sekretaris Jenderal Partai Perindo, Ahmad Rofiq partainya akan menindak Dirwan dengan tegas. 

Baca juga: Bupati Bengkulu Selatan Dijanjikan Dapat Uang Proyek Rp 112 juta

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya