Baling-Baling Helikopter Whitesky Menimpa Satu Karyawan IMIP Hingga Tewas

Jenazah ditemukan dalam kondisi mengenaskan

Jakarta, IDN Times - Tragedi jatuhnya helikopter Whitesky di Morowali, Sulawesi Tengah pada Jumat (20/4) mengakibatkan korban jiwa. Satu karyawan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) tertimpa baling-baling helikopter sehingga organ tubuhnya terputus. 

Identitas korban tewas sejauh ini masih diidentifikasi. Walaupun sudah muncul laporan, korban tewas berinisial AHI. Jasad korban sudah langsung dievakuasi ke klinik PT IMIP pada pagi tadi. 

"Ada satu korban jiwa. Identitasnya hingga saat ini masih diidentifikasi," kata Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan, AKBP Hery Murwono kepada media pada hari ini. 

Menurut informasi dari Kapusdatin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, helikopter itu mengangkut enam penumpang dan dua kru, termasuk sang pilot. Bagaimana kondisi delapan orang itu? Lalu, seperti apa kronologi kejadian sehingga helikopter bisa jatuh? 

1. Helikopter lepas landas untuk menuju ke Kendari 

Baling-Baling Helikopter Whitesky Menimpa Satu Karyawan IMIP Hingga TewasBNPB/Sutopo Purwo Nugroho

Saat peristiwa itu terjadi, helikopter milik PT IMIP itu tengah dalam perjalanan sekitar pukul 09:15 WITA menuju ke lokasi penambangan lainnya di Kendari. Kemudian, sekitar pukul 09:17 WITA helikopter tiba-tiba berbalik arah menuju ke landasan helipad. 

"Tetapi sekitar pukul 09:20 WITA sebelum tiba di landasan helipad PT IMIP, helikopter tiba-tiba terjatuh dan menimpa seorang karyawan berinisial AHI. Saat itu korban sedang melintasi depan pos 2 dan hendak bekerja," ujar Sutopo dalam keterangan tertulis yang diterima pada sore ini. 

Baca juga: Sensasi Naik Helikopter Menikmati Citylight Jakarta, Coba Yuk!

2. Penumpang dan kru helikopter selamat walau mengalami luka

Baling-Baling Helikopter Whitesky Menimpa Satu Karyawan IMIP Hingga TewasBNPB/Sutopo Purwo Nugroho

Sutopo mengatakan terdapat beberapa kerugiaan materiil. Selain helikopter yang rusak, enam penumpang dan dua kru mengalami luka. 

"Tiga orang penumpang mengalami luka ringan, kapten pertama mengalami luka dalam, sedangkan kapten 2 mengalami patah lengan kanan serta luka robek di bagian kening," kata dia. 

Sementara, korban tewas dengan inisial AHI mengalami luka yang memilukan. kaki kanan, tangan kanan dan lehernya terputus. Bagian punggungnya pun nyaris terputus. 

3. Polisi tengah menyelidik penyebab jatuhnya helikopter

Baling-Baling Helikopter Whitesky Menimpa Satu Karyawan IMIP Hingga TewasBNPB/Sutopo Purwo Nugroho

Polisi saat ini masih terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab helikopter bisa jatuh. Penyelidikan untuk sementara dikerjakan oleh anggota dari Polsek Bahodopi. Walaupun sempat disebut penyebab jatuhnya helikopter diduga akibat kerusakan mesin. 

Baca juga: Helikopter yang Mengangkut Warga Asing Jatuh di Morowali

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya