[INFOGRAFIS] Siapa Sosok Pahlawan Nasional Baru yang Dinobatkan Presiden Jokowi Tahun Ini?

Penobatan bertepatan hari pahlawan ke-71

10 November dikenal sebagai Hari Pahlawan. Tepat 71 tahun yang lalu, momen heroik terjadi di Surabaya. Pertempuran terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan terhadap kolonialisme.

Seluruh rakyat dari berbagai golongan, tua, muda, pedagang, tentara dan santri bersatu demi tanah air Indonesia. Sebanyak 6.000 sampai 16.000 pejuang dari pihak Indonesia tewas. Sungguh pahlawan negara telah menunjukkan kehebatan mereka sejak zaman dahulu.

Pahlawan sendiri berarti orang yang telah berjuang bagi bangsa, negara dan agama. Selain itu mereka juga berani melakukan perubahan dalam membela kebenaran. Setiap tahunnya untuk memeringati Hari Pahlawan, Presiden memberikan gelar Pahlawan Nasional bagi seseorang yang berjuang melawan penjajahan atau semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan.

Tahun 2015 lalu, Presiden Joko Widodo resmi menganugerahi lima tokoh pejuang dengan gelar Pahlawan Nasional. Kemudian, 2016 ini satu gelar pahlawan telah diberikan pada seorang tokoh.

Baca Juga: Kenalkah Kamu dengan 8 Pahlawan Ini?

Lalu siapakah tokoh-tokoh tersebut?

[INFOGRAFIS] Siapa Sosok Pahlawan Nasional Baru yang Dinobatkan Presiden Jokowi Tahun Ini?Rully Bunga / IDNtimes.com

Hingga saat ini sudah ada 169 tokoh yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Landasan pemberian gelar itu sesuai dengan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan yang menyebutkan bahwa gelar berupa Pahlawan Nasional dan pemberian gelar dapat disertai pemberian tanda jasa dan/atau tanda kehormatan.

Selamat Hari Pahlawan ke-71!

Baca Juga: 11 Film Indonesia yang Menceritakan Kisah Nyata Para Pahlawan

Topik:

Berita Terkini Lainnya