Terduga Teroris Ampel Pernah ke Suriah

Dia sudah dipantau sejak 2014

Surabaya, IDN Times - Terduga teroris MM alias D alias AF (sebelumnya disebut DY) yang ditangkap di Surabaya ternyata pernah berangkat ke Suriah. Hal ini dikatakan oleh Kapolres Tanjung Perak, AKBP Ronny Suseno.

"Yang bersangkutan pernah berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan gerakan ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) pada tahun 2013 lalu pulang pada tahun 2014," ujar Ronny ketika ditemui awak media, Sabtu (9/12).

Dipantau sejak 2014.

Terduga Teroris Ampel Pernah ke SuriahIDN Times/Rudy Bastam

Masih menurut Ronny, pihak kepolisian telah melakukan pemantauan sejak kepulangan MM pada tahun 2014 lalu. Terduga telah melakukan sejumlah aktivitas sejak kepulangannya itu. "Minimal sudah ada yang diperbuat di Indonesia (sejak kepulangannya)," ujar Ronny. 

Walaupun begitu Ronny belum dapat memastikan keterkaitan MM dengan jaringan yang mana. "Untuk jaringannya mungkin nanti menunggu info dari mabes atau polda ya," imbuhnya. 

Ditangkap di kawasan Kenjeran. 

Terduga Teroris Ampel Pernah ke SuriahIDN Times/Rudy Bastam

MM ditangkap pada Sabtu pagi pukul 07.30 di kawasan Kenjeran, Surabaya Timur oleh Satgas Densus 88. Kini, 40 personel kepolisian dari Polres Tanjung Perak membantu mengamankan rumah terduga di kawasan Jalan Ampel Kembang, Ampel, Surabaya. 

"Saat ini kami memback up kegiatan Densus 88 mengamankan TKP yaitu rumah yang bersangkutan guna dilakukan penggeledahan nanti," pungkasnya. 

Saat ini MM telah diamankan ke Mapolda Jawa Timur untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Baca juga: [BREAKING] Polisi Gerebek Terduga Teroris di Daerah Ampel Surabaya 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya