Tak Ingin Risma Jadi Cawagub, Puluhan Orang Geruduk Balai Kota 

Tuh Bu, banyak yang nagih janji

Surabaya, IDN Times - Sekelompok orang yang  menamakan diri Forum Relawan Saya Surabaya melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Surabaya, Jumat (5/1) siang. Dalam orasinya, massa meminta kepada Risma untuk tidak maju menjadi dalam kontestasi Pilgub mendatang. 

Setelah beberapa saat berorasi di luar pagar, massa aksi kemudian diperbolehkan untuk menggelar orasi di halaman Balai Kota. "Risma harus menyelesaikan tanggung jawabnya sampe akhir masa jabatan. Jadi kalau ada upaya untuk meminta risma maju ke Pilgub. Kami dengan tegas menolak," ujar Humas Saya Surabaya, Imam Budi Utomo. 

Seperti diketahui, nama Risma sempat kembali muncul dalam bursa pencalonan Pilkada Jatim. Ini tak lepas dari kabar mundurnya Abdullah Azwar Anas sebagai pendamping Saifullah Yusuf. 

1. Harus penuhi janji politik

Tak Ingin Risma Jadi Cawagub, Puluhan Orang Geruduk Balai Kota IDN Times/Rudy Bastam

Dalam tuntutannya, massa meminta supaya Risma tidak meninggalkan jabatan sebagai wali kota Surabaya. Mereka berpendapat bahwa Risma masih memiliki tanggung jawab untuk memenuhi janji politiknya. 

"Seperti janji politik yang dulu, harus diselesaikan terlebih dahulu. Salah satunya pendidikan gratis untuk SD, SMP, dan SMA. Lalu juga permasalahan beberapa cagar budaya yang blm selesai," ujar Imam.  

Baca juga: PDIP Batal Calonkan Anas Jadi Cawagub Jatim

2. Ingatkan janji untuk tidak maju menjadi Cagub

Tak Ingin Risma Jadi Cawagub, Puluhan Orang Geruduk Balai Kota IDN Times/Rudy Bastam

Dalam orasinya, peserta aksi bergantian mengingatkan Risma tentang pernyataannya untuk tidak maju dalam kontestasi pilgub maupun pilpres hingga akhir masa jabatannya pada 2021 mendatang. 

"Beliau sendiri pernah menolak untuk jadi cagub. Kenapa sekarang dicalonkan lagi?," tambahnya. Sebagai warga Surabaya yang memilih Risma, mereka memiliki beban moral supaya Risma masih menjadi pemimpin mereka. 

3. Akan datangkan massa lebih banyak

Tak Ingin Risma Jadi Cawagub, Puluhan Orang Geruduk Balai Kota IDN Times/Rudy Bastam

Rencananya, unjuk rasa lebih besar akan dilakukan jika Risma tetap menuruti kata partai untuk maju dalam Pilgub mendatang. "Kami akan memobilisasi massa lebih banyak lagi dari seluruh elemen di kota Surabaya," ujar salah satu massa aksi dalam orasinya. 

Sebelum meninggalkan Balai Kota, aspirasi massa aksi diterima oleh perwakilan pemerintah kota Surabaya, Hendry Simanjuntak. Pria yang menjabat sebagai Kabid Bakesbangpol Pemkot Surabaya itu, berjanji akan menyampaikan aspirasi dan tuntutan massa aksi kepada Tri Rismaharini.

 

Baca juga: Tetap Usung Anas, PDIP Sebut Ada Manuver Lawan

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya