[EKSKLUSIF] Cerita Risma Soal Bunga Tabebuya, 'Sakura-nya' Surabaya

Instagramable banget!

Catatan editor: Artikel ini pertama kali terbit pada Oktober 2017. Disunting ulang untuk menyesuaikan konteks dan menampilkan foto-foto terbaru.

Surabaya, IDN Times  – Beberapa hari terakhir, jalanan Surabaya nampak indah seiring dengan mekarnya bunga Tabebuya. Bunga bernama latinTabebuiachrysotricha ini memang sengaja ditanam di sepanjang jalan protokol Kota Pahlawan.

Uniknya, bunga yang sekilas mirip dengan Sakura ini hanya mekar di ujung musim kemarau atau di permulaan musim hujan seperti sekarang. Mekarnya Tabebuya tentu mampu memanjakan mata di tengah teriknya cuaca Surabaya.

Tumbuhnya Tabebuya di jalanan Surabaya tak lepas dari ide sang Wali Kota Tri Rismaharini. Dalam wawancara khusus dengan IDN Times, Jumat 20 Oktober 2017 lalu, Risma berbagi cerita tentang bunga tersebut.

Baca Juga: Bunga Tabebuya Bersemi, Bikin Surabaya Bernuansa Negeri Sakura

1. Awalnya hanya berniat membuat Surabaya lebih asri

[EKSKLUSIF] Cerita Risma Soal Bunga Tabebuya, 'Sakura-nya' SurabayaIDN Times/Reza Iqbal

Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember itu mengaku bahwa dirinya tak sengaja menemukan keindahan Tabebuya di Surabaya. Awalnya, Risma mengaku hanya mencari cara agar Surabaya terlihat lebih asri. "Aku keluarin semua pohon di Kebun Bibit (sekarang Taman Flora)," ujarnya.

Dia kemudian menemukan beberapa batang pohon Tabebuya dan mulai menanamnya pada tahun 2010. "Setelah satu tahun kok bagus. Akhirnya kita beli banyak itu," ujarnya.  

2. Bunga ini butuh banyak cahaya matahari

[EKSKLUSIF] Cerita Risma Soal Bunga Tabebuya, 'Sakura-nya' SurabayaIDN TImes/Reza Iqbal

Risma mengatakan bahwa Tabebuya perlu perawatan khusus. Salah satunya adalah tingginya kebutuhan cahaya matahari. Jika kurang cahaya, bunga Tabebuya tak akan mekar maksimal. Untuk itulah dia kemudian memilih beberapa lokasi yang tak tertutup gedung.

Lokasi yang dipilih Risma antara lain kawasan Tugu Pahlawan, Bundaran Pelangi, dan kawasan terbuka lainnya. "Makanya tidak banyak kita tanam di daerah Tunjungan, soalnya banyak gedung," kata dia.   

3. Risma akan tanam lebih banyak

[EKSKLUSIF] Cerita Risma Soal Bunga Tabebuya, 'Sakura-nya' SurabayaIDN Times/Reza Iqbal

Menurut Risma, keunggulan Tabebuya dibanding dengan bunga lain adalah batangnya yang lunak, sehingga lebih mudah dirawat. Melihat apresiasi masyarakat yang luar biasa, Risma pun berniat untuk menanamnya lebih banyak. "Rencananya akan kita tambah di titik-titik pedestrian itu," imbuhnya.

4. Surabaya juga punya bunga cantik lain bernama Jakaranda

[EKSKLUSIF] Cerita Risma Soal Bunga Tabebuya, 'Sakura-nya' Surabayafeel-planet.com

Selain Tabebuya, Risma mengatakan bahwa Surabaya juga memiliki bunga lain yang tak kalah cantik. Bunga yang ia maksud adalah Jakaranda. "Bunganya warna ungu, mirip Sakura juga," kata dia.

Berbeda dengan Tabebuya yang memiliki batang lunak, tanaman ini berbatang keras sehingga memungkinkan untuk tumbuh menjadi pohon rindang. Namun, layaknya pohon berbatang keras, proses pembungaan Jakaranda memang lebih lama dari Tabebuya. "Tak kalah bagus, semoga saya nanti masih sempat lihat pas mekarnya," tutup Wali Kota Risma.

Baca Juga: Ingin Punya Pohon Tabebuya, Sakura ala Surabaya? Begini Caranya

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya