Surabaya Sediakan Mall Khusus untuk Urus KTP Hingga Paspor

Kantor bersama 5 instansi.

Warga kota Surabaya mulai hari ini akan menikmati kemudahan dalam mengurus dokumen-dokumen dan perizinan. Ini tak lepas dari dibukanya Mall Pelayanan Publik pertama di kota pahlawan ini pada hari Jumat (6/10). Acara peresmian ini langsung dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur yang didampingi oleh Wali Kota, Tri Rismaharini.

Surabaya Sediakan Mall Khusus untuk Urus KTP Hingga PasporRudy Bastam/IDN Times

Bertempat di bekas gedung Siola kawasan Tunjungan Surabaya, tempat ini akan menjadi kantor bersama bagi dinas dan instansi di kota Surabaya untuk urusan pelayanan publik. 

Menpan Asman mengaku kagum melihat kemajuan kota Surabaya dalam hal pelayanan publik. "Sistem pemerintahan (birokrasi) gak boleh lagi secara manual. Harus e-government, semuanya berbasis elektronik," ujar Asman dalam pidato sambutan.

Dari urus KTP hingga bikin paspor. 

Surabaya Sediakan Mall Khusus untuk Urus KTP Hingga PasporRudy Bastam/IDN Times

Dalam peresmian ini juga dibuka beberapa pos pelayanan publik dari berbagai instansi seperti Polrestabes Surabaya, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), kantor pelayanan pajak, serta beberapa bank. Dibukanya layanan ini sekaligus melengkapi layanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) yang telah dibuka sejak setahun lalu.

Mall pelayanan publik ini rencananya juga akan menampung dua instansi baru yaitu Badan Pertanahan dan Kantor Imigrasi Kelas I Surabaya. Dengan demikian diharapkan warga Surabaya akan dimudahkan dalam mengurus berbagai hal berkaitan dengan dokumen kependudukan, perpanjangan SIM, urusan perpajakan, hingga pembuatan paspor. 

Baca juga: Risma Soal Bonek vs Pesilat: Mau Berapa Lagi yang Mati Sia-sia?

Bisa jadi model pelayanan publik bagi kota-kota lain. 

Surabaya Sediakan Mall Khusus untuk Urus KTP Hingga PasporRudy Bastam/IDN Times

Mall Pelayanan Publik sendiri adalah suatu terobosan pemerintah kota Surabaya dalam mewujudkan layanan masyarakat berbasis satu atap. Dengan demikian akan memudahkan warga dalam mengakses kantor-kantor layanan yang sebelumnya terletak berjauhan.

Tempat ini juga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan bebas pungli bagi warga Surabaya.  Asman menyatakan bahwa keberadaan layanan ini merupakan suatu kemajuan. "Saya melihat banyak yang dapat kita pelajari dan kita contoh dari Surabaya."

Baca juga: Mampir ke Surabaya, Jangan Lupa 7 Oleh-oleh Khasnya Ini Rek!

Topik:

Berita Terkini Lainnya