Kunjungan ke Amerika, Risma Jajal Mobil Penyapu Jalan

Semoga Surabaya segera memilikinya

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menyempatkan diri untuk berkunjung ke komunitas diaspora Indonesia di Philadelphia di sela kunjungannya ke Amerika Serikat pada Sabtu (28/10). Hal tersebut dalam rangka memenuhi undangan Kedutaan Besar Republik Indonesia.

Dalam kegiatan yang difasilitasi oleh Indonesia Diaspora Network itu, Risma terlihat akrab dengan para imigran asal Indonesia tersebut. Tak hanya itu, walikota perempuan pertama di Surabaya itu juga berkesempatan untuk menjajal mobil pembersih jalan di kawasan Philadelphia.

Baca juga: Surabaya Jadi Nominasi Kota Terbersih ASEAN, Ini Strategi Risma

Kontribusi dari imigran.

Kunjungan ke Amerika, Risma Jajal Mobil Penyapu JalanIlustrasi/auto-swiat.pl

Cara kerja mobil pembersih jalan itu hampir sama dengan vacuum cleaner. Operator kendaraan cukup menjalankan dari atas jalan, maka setiap kotoran akan tersedot masuk ke tabung yang ada pada bagian belakang pengemudi. Tampak kotoran seperti kertas koran, plastik, daun, tersedot secara otomatis saat Risma mencoba mengoperasikan mobil yang merupakan kontribusi dari para imigran Indonesia yang tinggal di kawasan Philadelphia.

Risma juga berkesempatan untuk memamerkan perkembangan kota Surabaya di Bethany Miracle Center, Philadelphia. Di hadapan ratusan pendatang asal Surabaya dan beberapa daerah lain di Indonesia, mantan kepala Bappeko tersebut memaparkan keasrian taman kota dan kampung-kampung di Surabaya. "Total ada 372 taman di Surabaya dan semuanya free wifi. Beberapa di antaranya saya buatkan lapangan olahraga," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Ahad (29/10). 

Nominasi Global Green City Award.

Kunjungan ke Amerika, Risma Jajal Mobil Penyapu JalanRudy Bastam/IDN Times

Kunjungan Risma ke Amerika Serikat ini juga dalam rangka untuk menghadiri Global Green City Award di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York pada 30-31 Oktober mendatang. Dalam acara itu, Surabaya menjadi nominasi pemenang ajang kota terhijau di se-dunia itu. Tak hanya itu, Risma juga dijadwalkan untuk menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut.

Surabaya memang diketahui telah memenangkan bebeberapa penghargaan bergengsi dalam bidang lingkungan. Untuk tahun ini saja, Surabaya telah menerima Adipura Kencana empat kategori dan penghargaan Learning City dari Unesco. 

Baca juga: Jadi Nominator, Risma Akan Berbicara dalam Forum PBB

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya