Risma Berharap Ada yang Sukses dari Kerjasama dengan Liverpool Ini

Wah, mau jadi pemain bola di Liverpool?

Surabaya, IDN Times - Wakil Wali Kota Liverpool, Gary Millar mengunjungi Surabaya dalam rangka membicarakan sejumlah kerjasama strategis antara kedua kota tersebut pada Senin (27/11). Kunjungan ini sendiri merupakan kunjungan balasan setelah pada bulan lalu, delegasi Kota Surabaya berkunjung ke Liverpool. Dalam kunjungan tersebut, sejumlah kerjasama strategis dicapai oleh kedua negara, di antaranya dalam bidang sepak bola.

"Kita bekerja sama dengan berbagai banyak akademi sepak bola untuk mengajar sepak bola yang lebih baik untuk anak-anak di sini," ujar Gary Millar di depan awak media.

Gandeng banyak akademi lokal.

Risma Berharap Ada yang Sukses dari Kerjasama dengan Liverpool Inimirror.co.uk

Rencananya kota Liverpool akan menggandeng akademi sepak bola Inggris yang telah memiliki reputasi di Asia untuk memberi pelatihan sepak bola ke para atlet sepak bola di Surabaya. Pelatih-pelatih berbakat akan ditugaskan ke Surabaya untuk melatih sekaligus mencari bakat-bakat terbaik yang siap bermain di level profesional. Dengan demikian, bakat-bakat pencinta sepak bola di Surabaya dapat tersalurkan dengan baik.

Baca juga: Sepak Bola Api, Antara Tradisi dan Kekebalan Diri

"Kita memiliki akademi sepak bola yang bagus akan mengajarkan pelatihan sepak bola untuk mengembangkan bakat-bakat dari Surabaya," ujarnya. Millar mengatakan bahwa sepak bola baik di kota Liverpool dan Surabaya, adalah olahraga yang populer. Dirinya meyakini bahwa banyak bakat-bakat luar biasa yang dapat digali dari Surabaya.

Siapa tahu bisa seperti Nainggolan.

Risma Berharap Ada yang Sukses dari Kerjasama dengan Liverpool IniANTARA FOTO/Risky Andrianto

Tercatat saat ini Surabaya memiliki dua stadion berstandar internasional dan 7 lapangan sepak bola. Kompetisi sepak bola di Surabaya pun sudah terstruktur dengan dibentuknya kompetisi junior mulai dari umur 11 hingga 16. Melihat hal ini, Risma pun optimis bahwa sepak bola Surabaya bisa kembali bangkit.

"Kan di sana ada sekolah khusus sepak bola yang bahkan lebih tua dari (klub) Liverpool," terang Risma. Dirinya mengatakan akan mendukung penuh jika memang kerjasama tersebut akan terealisasi tahun depan. "Nah kalau ada yang bisa jadi pemain bola (di Inggris) kan lumayan. Bisa kayak Nainggolan (pemain sepak bola berdarah Indonesia)," celotehnya.

Baca juga: Wakil Walikota Liverpool Datang, Ini Kerjasama yang Direncanakan Risma

Topik:

Berita Terkini Lainnya