Pede Gaet Suara Perempuan, Ini yang Ditawarkan Khofifah

Ada lebih dari 15 juta pemilih perempuan

Surabaya, IDN Times - Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa optimistis bahwa dirinya bersama Emil Elestianto Dardak akan meraup suara perempuan di Jawa Timur. Dia yakin pengalamannya selama berkecimpung di bidang pemberdayaan wanita membuat dirinya memahami pokok persoalan di lapangan. 

"Pengalaman ini yang menjadikan saya sangat sensitif gender. Bagi saya, perempuan adalah ibu bangsa, sehingga selayaknya kaum perempuan masuk dan berperan di semua lini kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Jumat (12/1). 

1. Banyak pengalaman di organisasi wanita

Pede Gaet Suara Perempuan, Ini yang Ditawarkan KhofifahHumas/Kemensos

Khofifah dikenal sebagai sosok yang fokus dalam bidang pemberdayaan perempuan. Sebelum menjadi Menteri Sosial di era Jokowi, Khofifah sempat menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Anak era Presiden Abdurrahman Wahid. Sebelumnya dia juga aktif sebagai Ketua PP Muslimat Nahdlatul Ulama. Selain itu, Khofifah juga menjadi Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN). 

Di pos legislatif, Khofifah adalah anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan sejak tahun 1992 hingga 1997. Khofifah kemudian hijrah ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejak tahun 1999. Dan menjadi anggota legislatif hingga dua periode. 

Baca juga: Resmi Mendaftar, Khofifah Janji Lanjutkan Program Pakde Karwo

2. Penguatan peran perempuan

Pede Gaet Suara Perempuan, Ini yang Ditawarkan KhofifahIDN Times/Rudy Bastam

Khofifah mengatakan telah menyiapkan sejumlah program pemberdayaan perempuan. Seperti penguatan ketrampilan, ekonomi dan bantuan modal usaha perempuan, dan penurunan angka kematian ibu dan bayi. 

"Karena saya perempuan sekaligus Ibu, maka secara konsisten saya akan berjuang untuk selalu mengakomodir kepentingan perempuan dan anak, agar hidup mereka makin sejahtera dan bahagia," ungkap Khofifah. 

3. Ada 15,5 juta pemilih perempuan Jatim

Pede Gaet Suara Perempuan, Ini yang Ditawarkan KhofifahIDN Times/Sukma Shakti

Segmen pemilih perempuan memang menjadi target prioritas untuk pemenangan Khofifah. Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Jawa Timur mencapai 30.963.078 pemilih yang tersebar di 38 Kabupaten/Kota se Jawa Timur. 50 persennya atau sekitar 15,5 juta pemilih adalah perempuan. 

Khofifah Indar Parawansa bersama Emil Elestianto Dardak maju sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur dengan dukungan dari tujuh partai politik yakni Demokrat, Golkar,Partai Amanat Nasional, PPP, NasDem, Hanura, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Baca juga: Soekarwo dan Khofifah, Rivalitas yang Berakhir di Meja Pendaftaran Pilkada

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya