PDIP Batal Calonkan Anas Jadi Cawagub Jatim

Masih cari pengganti

Surabaya, IDN Times - Jelang pembukaan masa pendaftaraan Pilgub Jatim 2018, peta politik Jawa Timur berubah. Pasangan Gus Ipul - Azwar Anas yang sebelumnya didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dikabarkan akan dirombak. Hal ini dibenarkan oleh politikus partai berlambang banteng itu. 

PDIP Batal Calonkan Anas Jadi Cawagub JatimANTARA FOTO/Budi Candra

"Wakilnya diganti," ujar politikus PDIP Pramono Anung dalam pesan singkat kepada IDN Times, Kamis (4/1). 

1. Dikabarkan mundur

Kabar tentang mundurnya Azwar Anas mulai terdengar sejak Kamis (4/1) sore. Bupati Banyuwangi itu dikabarkan menyampaikan pengunduran dirinya kepada Gus Ipul melalui pesan singkat. Gus Ipul pun mengaku kaget atas keputusan mendadak tersebut. 

Sebelum beredar kabar informasi Anas mengundurkan diri dari cawagub, Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang juga fungsionaris PDIP berkicau akun twitter pribadinya, @pramonoanung. "Bagi siapapun yg pengen jabatan politik, dan harus ikut berkompetisi dlm pilihan, hati2 dengan sampah digital yg berkaitan dgn tindakan moralitas akan tersimpan dengan rapi dan akan dikuarkan pada sat yg tepat #BOMSampahDigital #SekedarInfo," kicaunya.

Belum ada konfirmasi apa maksud dari cuitan Pramono. Namun, beredar kabar bahwa unggahan itu merujuk pada beredarnya video tak patut dari Azwar Anas. Kabar itu pun langsung dibantah olehnya. "Pasti gak ada," kata Anas singkat.

Baca juga: Usung Gus Ipul-Anas, PDIP Targetkan Surabaya sebagai Lumbung Suara 

2. Muncul nama Risma

PDIP Batal Calonkan Anas Jadi Cawagub JatimIDN Times/Reza Iqbal

Mundurnya Anas kemudian memunculkan berbagai spekulasi tentang siapa yang kemudian menjadi penggantinya. Salah satu nama yang muncul adalah Tri Rismaharini. Wali Kota Surabaya itu dikabarkan akan maju mendampingi Gus Ipul sebagai calon dari PDIP.

Politikus PDIP, Tjahjo Kumolo ketika dikonfirmasi IDN Times tentang duet Gus Ipul - Risma mengaku belum mengetahui kepastiannya. "Belum tahu kepastiannya," ujarnya melalui pesan singkat. 

3. Pendaftaran semakin dekat

PDIP Batal Calonkan Anas Jadi Cawagub JatimIDN Times/Sukma Shakti

Pendaftaran Cagub-Cawagub untuk Pemilihan Gubernur Jatim sendiri, sejatinya akan digelar pada tanggal 8 hingga 10 Januari mendatang. Masih ada sekitar empat hari ke depan bagi PDIP untuk menentukan siapa yang akan dijagokan pada Pilgub Jatim 2018.

Baca juga: Namanya Muncul di Pilgub Jatim, Jalan Yenny Wahid Diprediksi Tak Mudah

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya