Namanya Muncul di Pilgub Jatim, Jalan Yenny Wahid Diprediksi Tak Mudah

Hingga saat ini Gerindra masih menggodok kemungkinan itu

Surabaya, IDN Times - Nama Zanubah Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan Yenny Wahid muncul dalam bursa calon Gubernur Jawa Timur dari Partai Gerindra. Jika rencana itu terealisasi, anak presiden keempat, Abdurrahman Wahid itu akan bertarung dengan dua kader Nahdlatul Ulama (NU) lainnya, yaitu Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa. 

Pengamat politik Universitas Airlangga, Airlangga Pribadi Kusman menilai Yenny akan menemui jalan terjal andai bersedia dicalonkan. 

1. Ada benturan cara pandang

Namanya Muncul di Pilgub Jatim, Jalan Yenny Wahid Diprediksi Tak Mudah  IDN Times/Margith Juita Damanik

Angga sapaan akrabnya, menilai bahwa pemilihan Yenny Wahid sebagai Cagub Partai Gerindra akan menemukan banyak kontradiksi. Hal ini dikarenakan oleh benturan cara pandang antara Partai Gerindra dan konstituen Yenny. 

"Koalisi poros tengah yang dimotori oleh Gerindra yang cenderung berbasis Islam kanan tidak bisa bertemu dengan konstituen Yenny yang dikenal sebagai ikon dari Gerakan pro-toleransi dan pluralisme," ujar Angga saat dihubungi IDN Times, Rabu (3/1).  Hal itu menurut Angga akan memunculkan persoalan di lapangan, khususnya dalam proses konsolidasi kader. 

Baca juga: Nasdem Resmi Dukung Khofifah dan Emil Dardak di Pilkada Jawa Timur

2. Kemungkinan gaet partai lain

Namanya Muncul di Pilgub Jatim, Jalan Yenny Wahid Diprediksi Tak Mudah  abc.net.au

Angga menambahkan, andai Yenny jadi diusung, Gerindra kemungkinan besar akan menggandeng cawagub dari partai lain. Hal ini dilakukan untuk menggaet suara dari basis pemilih alternatif, terlebih dari partai-partai yang belum mengusung calon.

"Kelihatannya dari partai lain. (Kemungkinannya) Kang Yoto," ujar Angga. Suyoto atau yang kerap disapa Kang Yoto adalah Bupati Bojonegoro sekaligus kader Partai Amanat Nasional (PAN). Saat ini, 

Sebelumnya nama anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Moreno Soeprapto, santer diberitakan akan mendampingi Yenny Wahid dalam Pilgub mendatang. 

3. Gerindra Jatim siap jalankan perintah Prabowo

Namanya Muncul di Pilgub Jatim, Jalan Yenny Wahid Diprediksi Tak Mudah  Ahmad Subaidi/ANTARA FOTO

Sekretaris DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad mengatakan pihaknya akan patuh terhadap apapun keputusan DPP Partai Gerindra. "Jadi sekarang ini pengambilan keputusan itu DPD menunggu keputusan DPP. Dalam hal ini ketua DPP dan Ketua Umum, Bapak Prabowo Subianto akan kita jalankan," ujar Anwar. 

Pria yang juga menjabat sebagai anggota Komisi C DPRD Jatim itu juga menjamin bahwa partainya akan mengumumkan pasangan calon tepat sebelum tanggal pembukaan pendaftaraan KPU dibuka.

Baca juga: 5 Kenangaan Manis Bersama 'Bapak Pluralisme' Ini Buat Yenny Wahid Selalu Baper

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya