Kisah Tiga Gadis Beruntung yang Tahun Baruan Bareng Jokowi

Makan bareng Jokowi sampai nginep di Istana

Surabaya, IDN Times - Tiga orang gadis asal Kabupaten Madiun tiba-tiba menjadi perbincangan hangat awal pekan lalu. Musababnya adalah kisah perayaan tahun baru mereka. Tak seperti remaja lainnya, mereka menikmati pergantian tahun dengan orang nomor satu di Indonesia: Presiden Joko Widodo.

Yang lebih membuat iri, Arin (18), Hafsah (17), dan Bunga (18), bahkan mendapatkan kesempatan menginap di Istana Kepresidenan, Gedung Agung Yogyakarta. Padahal, awalnya mereka mengaku hanya bermaksud menghabiskan malam tahun baru di kota pelajar. Namun, siapa sangka nasib mujur menghampiri mereka.

Tentu, ini pengalaman yang luar biasa. Presiden Jokowi yang selama ini hanya bisa dilihat melalui layar kaca hadir di depan mereka langsung. "Seneng banget, gak nyangka. Masih kayak mimpi. Gak bisa bayangin," ujar Bunga dalam sambungan telepon dengan IDN Times, Selasa (2/1).

1. Antrian 1,5 jam dan suguhan sate ayam

Kisah Tiga Gadis Beruntung yang Tahun Baruan Bareng JokowiDok. IDN Times/Istimewa

Cerita bermula pada Minggu (31/12) sore. Ketiga sahabat itu memilih menghabiskan sore di Jalan Malioboro, Yogyakarta. Saat menikmati suasana, tiba-tiba mereka dikejutkan dengan kerumunan warga di depan Gedung Agung.

Penasaran, mereka pun mencari tahu. Dari curi dengar obrolan ibu-ibu, mereka tahu bahwa orang nomor satu negeri ini memberikan kesempatan bagi warga untuk masuk ke Gedung Agung. Iseng, mereka kemudian memilih mengantri. "Sempat mau nyerah, soalnya lama. Hampir satu setengah jam antrinya," ujar Arin.

2. Sempat meminta doa Jokowi agar diterima di UGM

Kisah Tiga Gadis Beruntung yang Tahun Baruan Bareng JokowiDok. IDN Times/Istimewa

Lepas dari antrian, mereka pun berhasil masuk ke dalam Gedung Agung. Tak disangka, mereka bisa bertemu langsung dan berfoto dengan Jokowi. "Setelah foto-foto, kita terus kita diajak makan sate sama teh hangat bareng," cerita Arin.

Kesempatan bertemu Jokowi tak mereka sia-siakan. Selain bercerita tentang aktivitas sehari-hari, mereka juga meminta satu hal kepadanya. "Kemarin juga sempat minta doa kepada Pak Jokowi agar lulus UN sama masuk UGM," kata Hafsah.

Dalam perbincangan itu, tiba-tiba Jokowi menanyakan di mana mereka akan bermalam. Karena memang tak ada rencana, mereka pun menjawab seadanya. "Kami bilang akan mencari masjid di sekitar jalan Malioboro untuk menginap."

3. Sempat meninggalkan Istana sebelum mendapat pesan singkat dari pihak Istana

Kisah Tiga Gadis Beruntung yang Tahun Baruan Bareng JokowiDok. IDN Times/Istimewa

Setelah menandaskan jamuan makan malam, mereka pun meninggalkan istana. Sambil menikmati kembang api, mereka mulai mencari masjid. Namun, tiba-tiba ponsel salah satu dari mereka berdering. "Eh, ternyata dapat WhatsApp. Katanya disuruh kembali ke Pos 1 Gedung Agung. Kita disuruh nginep di sana saja," jelas Bunga via telepon. 

Tak percaya, mereka pun memastikan ajakan tersebut. Benar saja, sesampainya di Pos, seorang paspampres mempersilakan mereka masuk. Bahkan, satu kamar telah disediakan bagi mereka. 

Baca juga: Unggahan Lucu Jokowi di Facebook Menyambut Tahun Baru 2018

4. Kagum dengan isi istana. 

Kisah Tiga Gadis Beruntung yang Tahun Baruan Bareng JokowiDok. IDN Times/Istimewa

Kesempatan itu pun tak mereka lewatkan. Di dalam istana, ketiganya dengan seksama mengamati beberapa benda bersejarah di salah satu dari enam istana presiden itu. "Banyak foto-foto dan lukisan juga. Patung-patungnya juga bagus," ujar mereka kagum. 

Ketiganya lantas diarahkan menuju ke kamar tamu. "Maunya liat-liat kamar pak Jokowi tapi gak boleh sama bapak-bapaknya (Paspampres)," tambah Hafsah.

4. Ditutup sarapan bareng Paspamres

Kisah Tiga Gadis Beruntung yang Tahun Baruan Bareng JokowiDok. IDN Times/Istimewa

Pagi menjelang, ketiga gadis itu pun diminta untuk bersiap sarapan pagi. Di ruang makan telah menunggu sejumlah anggota Paspampres dan pejabat protokoler istana. Tak seperti yang selama ini terlihat saat bertugas, para anggota satuan khusus yang mereka temui ternyata cukup ramah.

"Dikasih nasehat-nasehat gitu, supaya rajin sekolahnya. Waktu mau pulang dikasih uang saku untuk naik kendaraan," ujar Hafsah lantas tertawa. 

Baca juga: Kisah Bayi Mungil yang Terlahir pada Awal 2018

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya