Wakil Walikota Liverpool Datang, Ini Kerjasama yang Direncanakan Risma

Industri kreatif bakal digenjot nih!

Surabaya, IDN Times - Pemerintah kota Surabaya kali mendapat kunjungan istimewa. Sebanyak enam delegasi Kota Liverpool yang dipimpin oleh Wakil Walikota, Gary Millar datang untuk membicarakan sejumlah kerjasama strategis antara kedua kota tersebut. 

"Jadi kita mencoba untuk meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi kreatif, olahraga, dan pendidikan," ujar Millar di Balai Kota Surabaya, Senin (27/11).

Lima poin kerjasama antar kota. 

Wakil Walikota Liverpool Datang, Ini Kerjasama yang Direncanakan RismaIDN Times/Rudy Bastam

Sedikitnya ada lima poin kerjasama yang akan dikerjakan bersama di antaranya adalah industri kreatif, olahraga, film, dan perdagangan, dan pendidikan. Rencananya, pengembangan dilakukan dengan mendirikan sejumlah akademi seperti akademi musik, film, bisnis, dan sepak bola. Harapannya pelaku-pelaku industri kreatif dari kedua kota akan dapat saling belajar. 

Baca juga: Kue Tart Gedung Siola & Prakarya Eks PSK Dolly Jadi Kado Ultah Risma

"Liverpool adalah kota yang dengan sejarah yang bagus, orang yang ramah, industri yang bagus, dan universitas yang hebat. Dan kita akan bekerja sama dengan pemerintah kota Surabaya untuk mengembangkan hal tersebut," tambah Miller.

Contohkan keberhasilan industri musik di Liverpool.

Wakil Walikota Liverpool Datang, Ini Kerjasama yang Direncanakan RismaIDN Times/Rudy Bastam

Gary Millar mengatakan bahwa pihak dari kota Liverpool akan membagikan pengalaman dalam mengelola industri kreatif yaitu musik. Pemerintah Liverpool memiliki wadah bagi para pemuda untuk mengembangkan bakat di bidang musik dan seni. "Kami punya banyak musisi jalanan, yang kemudian menjadi musisi besar. Itu sebab kami punya iklim industri musik yang bagus," ujarnya 

Wali kota Surabaya, Tri Rismaharini mengapresiasi positif kunjungan tersebut. Menurutnya bahwa banyak kesamaan antara Liverpool dan Surabaya. 

"Dia (Liverpool) kan semangatnya sama dengan Surabaya. Di sana seimbang antara pendidikan, seni, musik dan olahraganya bagus. Itu yang ingin saya kembangkan di Surabaya," ujar walikota yang baru saja berulang tahun itu.

Baca juga: Genangan Air di Mana-Mana, Risma Pimpin Sidak Gorong-Gorong

Topik:

Berita Terkini Lainnya