Guangzhou Hingga Liverpool, Kota-kota Ini "Bersaudara" dengan Surabaya

Sudah selevel dengan kota-kota dunia, lho

Seperti namanya, Sister City atau Twin City adalah kerjasama antara dua kota dari dua negara yang berbeda. Nah, Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia juga seringkali melakukan kerjasama jenis ini dengan daerah lain di luar Indonesia. Biasanya, kerjasama sister city meliputi kegiatan pembangunan, pendidikan, ekonomi, teknologi dan pemberdayaan masyarakat.

Ternyata, Surabaya tak hanya melakukan kegiatan sister city dengan satu atau dua kota saja, melainkan dengan banyak kota. Berikut adalah kota-kota dunia yang melakukan kerjasama sister city dengan Surabaya.

1. Guangzhou, Tiongkok

Guangzhou Hingga Liverpool, Kota-kota Ini Bersaudara dengan Surabayaantaranews.com

Kerjasama sister city antara kota Surabaya dan Guangzhou di Tiongkok telah dimulai sejak tahun 2005. Berbagai bidang dijajaki dalam kerjasama tersebut antara lain ekonomi dan perdagangan, kesehatan, hingga yang terbaru adalah transportasi dan lingkungan hidup. Kota dari Tiongkok lain yang melakukan kerjasama adalah kota Kunming dan Xiamen.

2. Seattle, Amerika Serikat

Guangzhou Hingga Liverpool, Kota-kota Ini Bersaudara dengan Surabayamindtalk.com

Kota berikutnya yang menjadi mitra kerjasama bagi Surabaya adalah Seattle di negara bagian Washington, Amerika Serikat. Kota yang terkenal sebagai pusat dagang itu telah melakukan kerjasama dengan Surabaya sejak tahun 1991. Kerjasama keduanya antara lain dalam bidang manajemen perkotaan, pelabuhan, perlindungan lingkungan hidup, pendidikan, kesenian, dan kebudayaan, serta teknologi. 

Baca juga: Penampungan Penuh, Risma Pulangkan Gembel dan Pengemis

3. Kochi, Jepang

Guangzhou Hingga Liverpool, Kota-kota Ini Bersaudara dengan Surabayaenciety.co

Surabaya dan Kochi mulai melakukan kerjasama sister city sejak tahun 1996. Kedua kota bersepakat untuk mengembangkan beberapa bidang kerjasama antara lain adalah manajemen perkotaan, pendidikan, kesenian dan kebudayaan, transportasi, serta pariwisata. Bahkan, beberapa waktu yang lalu, Wali Kota Kochi datang ke Surabaya dalam perayaan 20 tahun kerjasama sister city.

4. Busan, Korea Selatan

Guangzhou Hingga Liverpool, Kota-kota Ini Bersaudara dengan Surabayasurabaya.go.id

Kota berikutnya adalah Busan di Korea Selatan yang telah melakukan kerjasama dengan Surabaya sejak tahun 1994. Bidang-bidang kerjasama yang dijajaki oleh kedua negara antara lain pendidikan, teknologi, lingkungan, transportasi, pariwisata, dan olahraga.

5. Liverpool, Inggris

Guangzhou Hingga Liverpool, Kota-kota Ini Bersaudara dengan SurabayaHumas Pemkot via Enciety.co

Yang paling baru adalah kerjasama sister city antara Surabaya dengan kota Liverpool, Inggris. Baik Liverpool dan Surabaya sama-sama memiliki kesamaan yaitu sebagai kota pelabuhan dan maritim. Rencananya kerjasama kedua kota akan meliputi bidang ekonomi, transportasi, pelabuhan dan kemaritiman, serta industri kreatif. 

Baca juga: Command Center 112, Layanan Darurat 911 Ala Surabaya

Topik:

Berita Terkini Lainnya