Gerindra Siap Usulkan Cawagub untuk Gus Ipul

Menunggu kejutan selanjutnya

Surabaya, IDN Times - Komposisi pilihan cawagub bagi Saifulah Yusuf atau Gus Ipul semakin variatif. Hal ini seiring dengan munculnya nama-nama baru yang ditawarkan oleh partai-partai yang belum mengusung calon.

Salah satu partai yang mengusulkan nama adalah Gerindra. Ketua DPD Gerindra Jatim, Soeprayitno. Dia mengatakan akan mengajukan calon alternatif kepada Gus Ipul. 

"Jadi kita memberikan kesempatan kepada Gus Ipul. Kan Anas mundur, kita beri kesempatan kepada Gus Ipul untuk memilih cawagub dari kita," ujarnya Selasa (9/1). 

1. Eko patrio hingga Moreno

Gerindra Siap Usulkan Cawagub untuk Gus IpulIDN Times/Rudy Bastam

Nama-nama yang disodorkan oleh Gerindra antara lain adalah, Suwarno (mantan Pangdam V/Brawijaya), Moreno Soeprapto (anggota DPR RI fraksi Gerindra), Eko Patrio (anggota DPR RI fraksi PAN), dan Suyoto (Bupati Bojonegoro). "Atau mungkin dari PKS siapa," ujarnya. 

Namun, pernyataan ini agak berbeda dengan sikap PAN yang sudah menyatakan kemungkinannya mendukung pasangan Khofifah-Emil.

2. Harus wakil yang dapat mengimbangi

Gerindra Siap Usulkan Cawagub untuk Gus IpulIDN Times/Rudy Bastam

Soeprayitno mengatakan bahwa ia menyerahkan semua pertimbangan kepada Gus Ipul. "Pada intinya, kami tidak ada masalah, siapapun wakilnya gus ipul," katanya. 

Hanya saja dirinya mengingatkan kepada Gus Ipul untuk memilih wakil yang pas dan bisa mengimbangi pasangan lawan. "Insya Allah, Gus Ipul makin percaya diri," kata dia.

Baca juga: Mendaftar Pilkada, Khofifah Akan Diantar Pakde Karwo

3. Keputusan tetap di Ketua Umum

Gerindra Siap Usulkan Cawagub untuk Gus IpulIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Namun demikian, Soeprayitno mengatakan bahwa dirinya hanya bertugas untuk mengajukan nama ke Gus Ipul. Perihal keputusan final, menurutnya tetap berada di kewenangan pimpinan masing-masing partai.

"Intinya kita percaya saja. Nanti siapapun wakilnya kita akan sampaikan ke ketum kami. Kalau kira-kira nendang bisa kita dukung," tutupnya. 

Untuk diketahui, hingga saat ini tinggal Gerindra yang belum menyampaikan arah dukungannya secara resmi dalam Pilgub Jatim mendatang. 

Baca juga: Sempat Wacanakan Poros Tengah, PAN Akhirnya Dukung Khofifah

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya