Berkenalan dengan Si Remo, Maskot Pilgub Jatim

Desain sederhana, tapi sarat makna

Surabaya, IDN Times - Pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 dimulai hari ini, Senin, (8/1). Layaknya sebuah gelaran pemilihan umum, KPUD Jatim telah membuat maskot khusus sebagai bagian sosialisasi kepada masyarakat. Yuk kenalan sama si maskot Pilgub Jatim ini. "Jadi maskot kita ini adalah tugu pahlawan yang sedang menari tarian Remo," ujar Ketua KPUD Jatim Eko Sasmito. 

1. Ciri khas masyarakat Jawa Timur 

Berkenalan dengan Si Remo, Maskot Pilgub JatimIDN Times/Rudy Bastam

Maskot ini diberi nama Si Remo, yang terinspirasi dari tarian Remo khas Jawa Timur. Sedangkan penari diambil dari simbol Tugu Pahlawan yang dikesankan sedang tertawa. Sementara tangan kanan Si Remo memegang kartu berlogo KPU RI seolah mengajak untuk mencoblos. 

Tugu Pahlawan dan Tari Remo adalah landmark dan tarian kesenian yang identik dari Jawa Timur. Ketua KPUD Jatim, Eko Sasmito berharap logo tersebut lebih mudah dikenal di kalangan masyarakat Jawa Timur. 

Baca juga: PDIP Masih Mencari Pengganti Azwar Anas di Pilkada Jatim

2. Desain sederhana sarat makna

Berkenalan dengan Si Remo, Maskot Pilgub JatimIDN Times/Rudy Bastam

Desain yang diambil KPUD Jatim sebagai maskot Pilgub terbilang sederhana dan mudah dikenali. Dengan mengusung tagline "Guyub Rukun", Eko berharap Pilgub ini dapat membawa kerukunan di masyarakat Jawa Timur. 

"Jangan sampai perbedaan pendapat ini  melebar kemana-mana. Semua perbedaan dan sengketa bisa diselesaikan melalui mekanisme yang ada," kata dia. 

3. Hasil sayembara

Berkenalan dengan Si Remo, Maskot Pilgub JatimIDN Times/Rudy Bastam

Lebih lanjut, Eko mengatakan bahwa maskot Si Remo adalah hasil dari sayembara yang diadakan oleh KPUD Jatim dengan mengundang tokoh masyarakat dan seniman Jawa Timur.

Baca juga: Anas Mundur, Gus Ipul: Semua Kemungkinan Masih Bisa Terjadi

Topik:

Berita Terkini Lainnya