Begini Aksi Risma Saat Gowes dari Rumah ke Kantor

Pergoki PKL liar hingga gerobak yang melawan arus

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini melakukan kegiatan gowes sepeda ke kantor Balai Kota Surabaya pada Jumat (29/12). Kegiatan ini rutin digelar pada hari Jumat minggu terakhir setiap bulannya. Dalam kegiatan gowes kali ini, Risma didampingi sejumlah jajaran pemerintahan dan komunitas pencinta olahraga sepeda. 

Risma berangkat dari rumahnya di kawasan Wiyung menuju ke Balai Kota dengan jarak kurang lebih 11 kilometer. "Jadi ini hari Jumat terakhir (dalam bulan Desember). Beberapa bulan ini saya selalu keluar (tugas). Jadi saya ga bisa mengikuti kegiatan ini. Nah, rasanya mulai kelihatan manfaatnya," ujar Risma di Balai Kota Surabaya. 

1. Diikuti seluruh pegawai pemkot Surabaya

Begini Aksi Risma Saat Gowes dari Rumah ke KantorIDN Times/Rudy Bastam

Kegiatan gowes kali ini diikuti oleh seluruh pegawai pemerintah tanpa terkecuali. "Termasuk pegawai kecamatan dan kelurahan,"  ujar Risma. 

Risma pun mengapresiasi kesadaran seluruh pegawai di lingkungan pemkot Surabaya yang hingga saat ini telah mengapresiasi dengan baik kegiatan tersebut. Jika berjalan baik, bukan tidak mungkin akan ada penambahan hari untuk kegiatan seperti ini. 

2. Dari pergoki PKL liar hingga gerobak yang melawan arus

Begini Aksi Risma Saat Gowes dari Rumah ke KantorIDN Times/Rudy Bastam

Sepanjang perjalanan, Risma juga menyempatkan untuk menyapa warga Surabaya yang berada di sepanjang jalur bersepeda. Dirinya juga beberapa kali mengingatkan pelanggar rambu lalu lintas, PKL liar yang bedagang di trotoar, hingga gerobak-gerobak PKL yang melawan arus lalu lintas. 

"Mengko awakmu iso ditilang lho mas (Nanti kamu bisa ditilang lho mas)," teriak Risma kepada salah seorang pelanggar rambu berhenti.

Baca juga: Cegah Banjir, Risma Targetkan Bangun 70 Rumah Pompa

3. Dorong kegiatan ramah lingkungan dengan bus

Begini Aksi Risma Saat Gowes dari Rumah ke KantorIDN Times/Rudy Bastam

Manfaat kegiatan gowes, menurut Risma tak hanya untuk menjaga kesehatan. Namun juga ikut melakukan usaha pengurangan emisi kendaraan. Selain menggiatkan bersepeda, pemerintah kota juga telah menyiapkan sejumlah bus yang nantinya dapat digunakan sebagai alat transportasi pegawai menuju ke kantor masing-masing.

Baca juga: Risma: Ibu adalah Tiang Negara

Topik:

Berita Terkini Lainnya