Layaknya Tsunami, Dahsyatnya Topan Chaba di Busan Terekam dalam Media Sosial

Seperti tsunami kecil yang mengerikan

Berdasarkan informasi yang dihimpun Korea Times, topan Chaba yang terjadi di Pulau Jeju pada Selasa siang (4/10/2016) dan kemudian merambah area lain di Korea bagian selatan pada hari Rabu (5/10/2016) telah memakan korban.

Menteri Keamanan Korea Selatan memprediksi jumlah korban bisa meningkat.

Layaknya Tsunami, Dahsyatnya Topan Chaba di Busan Terekam dalam Media SosialReuters via dailymail.co.uk

Hingga saat ini angka korban memang masih simpang siur. Korea Times melaporkan lima orang meninggal dan satu orang hilang akibat topan yang menimbulkan efek seperti tsunami itu. Sedangkan Korea Herald menyebut setidaknya ada empat orang meninggal dan tiga orang hilang. 

Dikutip dari Korea Herald, diantara korban tersebut adalah seorang pria berusia 59 tahun yang meninggal akibat tertimpa crane di area konstruksi bangunan. Kuatnya topan tersebut juga menyebabkan seorang nenek berusia 90 tahun meninggal karena tersapu angin dari lantai dua rumahnya. Di Ulsan, seorang anggota regu penyelamat terseret air laut. Menteri Keamanan Korea Selatan memperkirakan jumlah korban bisa meningkat.

Baca Juga: Ini 10 Bencana Alam Terparah yang Terjadi Sepanjang Tahun 2015

Selain jurnalis, para pengguna media sosial ikut melaporkan dahsyatnya topan Chaba yang membuat dampak seperti sebuah tsunami kecil.

Layaknya Tsunami, Dahsyatnya Topan Chaba di Busan Terekam dalam Media SosialAFP via straitstimes.com
Baik AFP maupun Getty Images merekam dahsyatnya dampak dari topan Chaba yang menerpa Korea Selatan hari Selasa dan Rabu kemarin.

 

Layaknya Tsunami, Dahsyatnya Topan Chaba di Busan Terekam dalam Media SosialReuters via dailymail.com

 

Layaknya Tsunami, Dahsyatnya Topan Chaba di Busan Terekam dalam Media SosialAFP/Getty Images via dailymail.co.uk

Tagar #PrayForBusan mendominasi trending topics Twitter selama seharian penuh. Ombak setinggi delapan meter yang menyapu semenanjung Korea didokumentasikan oleh pengguna Twitter. Mayoritas membagikan foto maupun video yang memperlihatkan betapa mengerikannya topan Chaba yang memberi dampak seakan-akan tsunami sedang terjadi di Negeri Ginseng tersebut.

Sebagian besar video dan foto diambil dari ketinggian seperti gedung-gedung di sekitar pusat terjadinya topan Chaba. Mobil-mobil yang kebetulan lewat di dekat laut di Busan pun terseret hingga tersapu ombak.

Belum ada informasi terbaru mengenai jumlah korban maupun kerusakan-kerusakan lainnya. 

Baca Juga: Pemerintah Nyatakan 247 Orang Tewas dalam Bencana Gempa Italia 

Topik:

  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya