Tak Dibuatkan Toilet, Perempuan Ini Berani Ceraikan Suaminya

774 juta orang India tak punya toilet di rumah mereka

Pengadilan Rajasthan di India membuat keputusan yang mencengangkan. Untuk pertama kalinya hakim mengabulkan tuntutan seorang perempuan untuk menceraikan suaminya karena perkara toilet.

Hal yang menimpa Mali sama dengan siksaan mental.

Tak Dibuatkan Toilet, Perempuan Ini Berani Ceraikan SuaminyaHarish Tyagi/EPA via The Guardian

Dikutip dari The Guardian, Sangeeta Mali, 23 tahun, bersikeras untuk menceraikan suaminya pada 2015 lalu. Pasalnya, suami Mali gagal menepati janji untuk membangun sebuah toilet di rumah mereka ketika menikah enam tahun lalu.

Sejak berumah tangga, ia terpaksa buang air besar di ruang terbuka di sekitar rumahnya. Tak hanya itu, Mali harus melakukannya ketika malam hari agar tak ada orang yang melihat. Tentu saja ini membuatnya bukan sekadar tak nyaman, tapi juga sangat malu.

"Dia terus berkata akan membangun toilet, tapi itu hanya omong kosong. Akhirnya, dia menolak secara terang-terangan. Mertuaku juga menolak. Setiap hari terasa seperti penderitaan - menunggu hari gelap agar tak ada orang di sekitar yang melihatku, memaksaku untuk menahan meski kantung empeduku seakan mau meledak. Aku tak bisa hidup dengan rasa stress lagi," ujar Mali.

Ia mengaku selama dua tahun terakhir ia harus menggunakan toilet di rumah ibunya. Hakim pun menegaskan bahwa apa yang diterima Mali dari suaminya adalah sebuah siksaan mental dan merupakan suatu hinaan di abad 21. 

"Pernahkah kita merasa sakit ketika ibu dan saudara perempuan kita harus buang air besar di ruang terbuka? Para perempuan di desa harus menanti hingga gelap untuk berjalan ke luar rumah supaya bisa melakukannya dan sebagai hasilnya mereka harus menanggung sakit secara fisik," kata sang hakim.

Baca Juga: Berkat Nenek Berusia 105 Tahun, Sebuah Desa di India Punya Toilet Pertama

774 juta orang India tak punya toilet di rumah mereka.

Tak Dibuatkan Toilet, Perempuan Ini Berani Ceraikan SuaminyaJorge Royan via The Conversation

Menurut lembaga swadaya masyarakat WaterAid, ada 774 juta warga India yang tak punya toilet di rumah mereka. Sedangkan 76 juta orang tak memiliki akses ke air bersih. Oleh karena itu, pemerintah India tengah gencar menggalakan program Clean India Mission untuk membangun lebih dari 100 juta toilet dan mengakhiri buang air besar di tempat terbuka pada 2019.

Program tersebut juga didukung oleh miliarder Amerika Serikat, Bill Gates, melalui Gates Foundation. Persoalan toilet di India memang sangat mengkhawatirkan. Seorang aktor Bollywood pun pernah berujar,"Aku tak bisa memahami bagaimana kita mampu meluncurkan roket ke Mars dan bulan tapi masih tak bisa membangun toilet untuk mengakhiri buang air besar di tempat terbuka di negara ini."

Baca Juga: Diduga Terkena Limbah Pabrik, Anjing Ini Berubah Biru

Topik:

Berita Terkini Lainnya