Survei Indo Barometer: Mayoritas Ingin Jokowi Menangkan Pilpres 2019

2019 masih lama...

Meski Pilkada DKI Jakarta belum selesai dan Pemilihan Presiden 2019 pun masih jauh, lembaga survei Indo Barometer telah merilis hasil survei yang berkaitan dengan elektabilitas Presiden Jokowi. Hasil survei tersebut menyatakan bahwa peluang Jokowi untuk kembali memenangi Pilpres cukup besar. 

Sebanyak 57,8 persen responden menginginkan Jokowi sebagai pemenang Pilpres 2019.

Survei Indo Barometer: Mayoritas Ingin Jokowi Menangkan Pilpres 2019Rosa Panggabean/ANTARA FOTO

Pada Rabu (22/3) Direktur Eksekutif Indo Baromoter, Muhammad Qodari, merilis hasil survei yang dilakukan lembaganya di 34 provinsi mulai 4 hingga 14 Maret 2017. Dari 1.200 responden, sebanyak 57,8 persen di antaranya menginginkan Jokowi terpilih kembali pada Pilpres 2019.

Hal itu diungkapkannya dalam diskusi "Evaluasi Publik 2,5 Tahun Pemerintah Jokowi-JK" di Jakarta. Menurut Qodari, angka tersebut lebih dari aman untuk petahana yang ingin mencalonkan diri kembali. Sebaliknya, bila angka di bawah 50 persen, maka petahana wajib lebih berhati-hati.

"Kalau di atas angka itu kemungkinan besar bisa terpilih lagi," ujar Qodari. Sedangkan 26,7 persen responden mengaku ingin ada presiden baru dan 15,5 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sama sekali.

Baca Juga: Kumpulan Vlog Jokowi Ini Sederhana Tapi Bikin Ingin Lihat

Tingkat kepercayaan kepada Jokowi juga meningkat dibandingkan dengan hasil survei Oktober lalu.

Survei Indo Barometer: Mayoritas Ingin Jokowi Menangkan Pilpres 2019Rosa Panggabean/ANTARA FOTO

Elektabilitas Jokowi tersebut didukung dengan tingkat kepuasan publik yang mencapai angka 66,4 persen. Angka ini meningkat jika dibandingkan pada survei Oktober lalu di mana level kepuasan berada di angka 58 persen. "Kalau kita lihat, angkanya cukup lumayan kalau melihat persoalan yang cukup banyak," kata Qodari.

Dalam diskusi yang juga dihadiri oleh petinggi sejumlah partai seperti Rachland Nashidik, Maruarar Sirait, serta Agung Laksono tersebut, juga disampaikan alasan mengapa angka kepuasan rakyat meningkat. Menurut survei, itu disebabkan progres dari program pembangunan dan pendidikan.

"Masyarakat menyebut pembangunan terasa, juga bicara soal kartu-kartu, dan pembangunan infrastruktur," ungkap Qodari. Ia pun meyakini bahwa bila Jokowi bisa mempertahankan, bahkan meningkatkan tingkat kepuasan, maka elektabilitasnya pada Pilpres 2019 bisa mencapai 80 persen.

Baca Juga: Giliran Artis dan Penyanyi yang Dapat Sepeda Gratis dari Jokowi

Topik:

Berita Terkini Lainnya