Sandiaga Dipolisikan, Anies: Harap Bersabar Ini Ujian...

Sang pelapor adalah mentor Sandiaga

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno dilaporkan polisi pada Senin (13/3) oleh seorang konglomerat Indonesia bernama Edward Soeryadjaya. Sandiaga bersama dengan rekan bisnisnya, Andreas Tjahyadi, dipolisikan atas tuduhan tindak pidana penggelapan. Anies, selaku pasangan Sandiaga dalam Pilkada DKI, memberikan tanggapannya mengenai pelaporan ini.

Anies sebut laporan itu hanya lucu-lucuan.

Sandiaga Dipolisikan, Anies: Harap Bersabar Ini Ujian...M Agung Rajasa/ANTARA FOTO

"Bersiaplah akan banyak yang begini-begini. Jadi jangan kaget bermunculan hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya," ujar Anies, seperti dikutip dari Kompas. Anies sendiri mengaku tetap percaya pada Sandiaga karena menurutnya cawagubnya itu tak akan jadi pengusaha besar bila tak menjalankan tanggungjawabnya dengan baik.

Menurut mantan rektor Universitas Paramadina itu, hal yang bisa dilakukan pihaknya adalah siap menghadapi dan menghormati semua proses hukum. Anies menambahkan bahwa laporan itu merupakan peristiwa lucu-lucuan yang ia anggap biasa. "Ya lucu-lucuan pasti ada, makanya saya bilang ini ujian, sabar ini ujian."

Baca Juga: Janjikan Dana Rp 3 miliar, Anies Dilaporkan ke Bawaslu

Sandiaga sendiri mengaku pelaporan terhadap dirinya karena ia sedang bertarung di Pilkada.

Sandiaga Dipolisikan, Anies: Harap Bersabar Ini Ujian...Rivan Awal Lingga/ANTARA FOTO

Senada dengan Anies, Sandiaga menanggapi dengan santai pelaporan terhadap dirinya oleh Edward Soeryadjaya. Sandiaga menilai itu terjadi karena dirinya sedang bertarung di Pilkada DKI. Tak hanya itu, ia juga melontarkan pernyataan bernada sinis karena ia melihat kasus tersebut sudah lama dan dibuka kembali dengan waktu yang tepat saat Pilkada.

"Ya kalau kita mau tidak tertimpa ombak ya jangan berumah di tepi pantai, saya ini lagi nyalon (di Pilkada DKI) dan pasti akan timbul serangan-serangan seperti itu, timing-nya dipas-pasin, terus kasusnya kadang-kadang sudah lama," ujar Sandiaga. Ia pun mengaku siap menghadapi kasus apapun, termasuk laporan terbaru ini.

Edward Soeryadjaya adalah putra dari pendiri Astra International, sekaligus mentor Sandiaga dalam bisnis.

Sandiaga Dipolisikan, Anies: Harap Bersabar Ini Ujian...ANTARA FOTO

Edward Soeryadjaya bukan orang sembarangan. Ia merupakan putra sulung dari pendiri Astra International, William Soeryadjaya. Edward saat ini menduduki posisi sebagai Komisaris Utama PT Jakarta Monorail sekaligus petinggi Ortus Holdings. Ia merupakan mentor Sandiaga dan menjadi orang yang membiayai sekolah Sandiaga di Amerika Serikat.

Saudara Edward adalah Edwin Soeryadjaya yang pada 2016 lalu berada di urutan 39 dalam daftar orang terkaya versi Forbes. Putra Edwin, Michael Soeryadjaya, meneruskan tongkat estafet Sandiaga sebagai Direktur Utama PT Saratoga Investama Sedaya Tbk setelah ia mengundurkan diri untuk mencalonkan diri di Pilkada DKI.

Baca Juga: Sempat Menangkan Agus-Sylvi, Kini LSI Denny JA Sebut Anies Akan Unggul

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya