Lakukan Disposal di 3 TKP, Polisi Temukan Bom Aktif

#SuroboyoWani Selain itu, ada busur dan anak panah juga...

Surabaya, IDN Times - Kepolisian Jawa Timur telah melakukan disposal di tiga lokasi berbeda pada Selasa (15/5/2018). Menurut keterangan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, disposal itu berlangsung sejak pukul 11.00 hingga 13.00 WIB.

Di tiga lokasi tersebut, aparat menemukan dan menyita beragam alat yang rencananya akan digunakan untuk melakukan serangan. Seperti ini rinciannya:

1. Rumah R Dita Oepriarto di Rungkut: tiga bom aktif yang dipakai di ransel, bahan-bahan dasar pembuat bom, senapan angin, busur, anak panah, alat-alat elektronik untuk menyambung baterai, kabel, bahan peledak bom pipa (Rangkaiannya sudah siap pakai).

2. Rumah kontrakan Tri Murtiono di Tambak Medokan Ayu: empat bom pipa yang siap meledak, dua bom aktif, perangkat elektronik seperti kabel, baterai dan detonator, serta timbangan.

3. Rumah Anton di Rusunawa Sidoarjo: satu bom aktif, ada cukup banyak bahan-bahan dasar pembuatan bom seperti sulfur dan belerang yang ditemukan tapi baru bisa disampaikan setelah lab forensik merilis hasilnya.

"Pelaksanaan berjalan lancar dan tidak ada gangguan apapun juga," kata Frans. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan pihaknya siap menyediakan lahan untuk para aparat meledakkan barang-barang bukti yang disita saat disposal di Medokan Ayu.

Ini karena daya ledak yang tinggi dan sulitnya mencari lokasi untuk melakukan peledakan."Kita siapkan lahan BTKD (Bekas Tanah Kas Desa) di Madokan Sawah Timur yang luas, sekarang kita sedang melakukan penggalian di sana," kata Wali Kota Risma di ruang kerjanya.

Topik:

Berita Terkini Lainnya