PDIP Buka Pendaftaran Cagub, Akankah Ridwan Kamil Merapat?

Ridwan Kamil disebut jadi salah satu calon kandidatnya

Intensitas Pilkada DKI Jakarta belum juga surut, kini sejumlah partai politik sudah menyiapkan diri untuk Pilkada Jawa Barat yang akan digelar pada 2018 mendatang. Salah satu yang berancang-ancang menjaring calon kandidat adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pendaftaran dibuka pada 20 Mei 2017.

PDIP Buka Pendaftaran Cagub, Akankah Ridwan Kamil Merapat?Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO

Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat Abdy Yuhana menyatakan bahwa partainya siap membuka pendaftaran bakal calon untuk Pilkada Jawa Barat pada 20 Mei 2017 mendatang. "Insya Allah tanggal 20 Mei 2017 nanti kita akan buka penjaringan untuk cagub Jabar 2018," ucap Abdy, seperti dikutip dari Antara.

Menurutnya, PDIP tengah mematangkan persiapan untuk bisa menjaring bakal cagub terbaik untuk provinsi Jawa Barat melalui pengerahan perangkat partai. Kesempatan itu pun dibuka secara lebar baik untuk kader maupun non kader PDIP.

"Iya, persiapannya dari hulu sampai ke hilir. Artinya semua perangkat partai akan kita gerakkan. Penjaringan atau pendaftaran calon Gubernur Jabar 2018 ini terbuka untuk kader dan non kader. Jadi kami membuka kesempatan seluas-luasnya untuk non kader," tambah Abdy.

Perolehan kursi di Pemilu Legislatif 2014 mempermudah langkah PDIP untuk mengusung pasangan calon yang diinginkan. Dengan memperoleh 20 kursi pada Pileg Jawa Barat, PDIP adalah satu-satunya partai yang tak perlu berkoalisi untuk Pilkada Jawa Barat 2018 nanti.

Baca Juga: Jadi Cagub Partai Pengusung Jokowi, Gerindra "Lepas" Ridwan Kamil

Ridwan Kamil disebut-sebut sebagai salah satu kandidat cagub terkuat yang merapat ke PDIP.

PDIP Buka Pendaftaran Cagub, Akankah Ridwan Kamil Merapat?Novrian Arbi/ANTARA FOTO

Politikus PDIP Mansinton Pasaribu mengakui bahwa partainya memang tengah mempertimbangkan untuk mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Ia juga menyebut pria yang akrab disapa Kang Emil itu telah membuka komunikasi dengan PDIP. Hanya saja, hingga minggu terakhir April belum ada kepastian mengenai hal itu.

"Belum diputuskan. Tapi ada beberapa yang sudah merapat ke PDI Perjuangan. Salah satunya Pak Ridwan Kamil," kata Mansinton, seperti dilaporkan Liputan 6. Ia menuturkan bahwa hasil di Pilkada DKI dan Banten mewajibkan PDIP untuk terus melakukan evaluasi untuk kebutuhan Pilkada 2018.

Terkait Ridwan Kamil maupun kandidat lainnya yang nantinya akan merapat ke PDIP, Abdy sempat mengungkapkan bahwa faktor popularitas serta elektabilitas menjadi dua pertimbangan penting sebelum pihaknya membuat keputusan.

Berdasarkan penuturan Abdy, proses yang dilalui cukup panjang dan dimulai dari DPD. Setelah itu, DPD akan membawa ke DPP, kemudian keputusan terakhir berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ia tak mendukung siapapun yang memang ingin diusung PDIP untuk mendaftar, tak terkecuali Ridwan Kamil.

Baca Juga: Ridwan Kamil Siap Jadi Cagub, Penantangnya Diprediksi dari Barisan Selebritis

Topik:

Berita Terkini Lainnya