Mayat 13 Teroris Masih Belum Diambil Keluarga

Kepolisian mengimbau agar ada saudara yang segera mengambil di Rumah Sakit Bhayangkara

Surabaya, IDN Times - Hingga hari ini, semua jasad pelaku terorisme di Surabaya dan Sidoarjo masih berada di ruang jenazah Rumah Sakit Bhayangkara. Pasalnya, seperti keterangan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, belum ada satupun keluarga yang datang untuk mengambil mayat-mayat tersebut.

"Dari 13 pelaku belum diserahkan keluarga. Saya masih hubungi keluarga," ujarnya. Ia mengaku telah berkomunikasi dengan pihak keluarga pengebom Polrestabes Surabaya, dan kemudian akan segera menghubungi saudara-saudara pelaku bom tiga gereja dan Sidoarjo.

1. Batas pengambilan jenazah tiga hari lagi

Mayat 13 Teroris Masih Belum Diambil KeluargaIDN Times/Reza Iqbal

Ini penting untuk menentukan kapan, bagaimana dan oleh siapa jenazah-jenazah akan dimakamkan. Jika dalam tiga hari masih tak ada yang mendatangi Polda atau Rumah Sakit Bhayangkara, Machfud mengatakan, ia akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah asal mereka untuk melaksanakan pemakamam sesuai prosedur.

2. Polda sudah sampaikan imbauan sejak Selasa

Mayat 13 Teroris Masih Belum Diambil KeluargaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sebenarnya, imbauan dari Polda Jatim kepada pihak keluarga untuk segera mengambil jenazah-jenazah pelaku teror itu sudah disampaikan pada Selasa (15/5). Kala itu ia pun kepolsiian menegaskan akan menguburkan para jenazah di tempat pemakaman umum jika benar-benar tidak ada saudara mereka yang bersedia.

3. Sempat ada dua perempuan ke ruang jenazah namun menghindari media

Mayat 13 Teroris Masih Belum Diambil KeluargaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Rabu (16/5) pukul 10.00 WIB, ada dua wanita mengenakan jilbab dan masker memasuki ruang administrasi. Tak lama di ruang tersebut, keduanya berpindah sambil sedikit berlari ke arah ruang perawatan. Ketika diikuti wartawan dan dimintai keterangan, mereka semakin berlari dan menepis kamera awak media. Setelah memasuki ruang perawatan, kedua wanita tersebut berpindah ke ruang ante mortem. 

 

Baca juga: Jenazah Bomber Polrestabes Tak Diakui Keluarganya

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya