Lagi, Menteri Susi Sabet Penghargaan di Amerika

Pejabat lain dipersilakan mencontoh, ya...

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengumumkan bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menerima penghargaan Seafood Champion Award dalam acara Seaweb Seafood Summit. Acara tersebut diselenggarakan di Seattle, Amerika Serikat, pada Senin (5/6) waktu setempat.

Dalam kurun waktu sebulan, ini merupakan kali kedua Susi mendapatkan penghargaan dari lembaga asal AS . Pada 11 Mei 2017 lalu, dia juga menyabet salah satu penghargaan maritim tertinggi dunia, Peter Benchley Ocean Awards. Penghargaan ini diberikan kepada pembuat kebijakan publik atas prestasi yang dicapainya, terutama tentang bagaimana upayanya mengutamakan peran masyarakat dalam menyelamatkan laut. 

Menteri Susi menang di kategori kepemimpinan.

Lagi, Menteri Susi Sabet Penghargaan di AmerikaPuspa Perwitasari/ANTARA FOTO

Ada empat kategori dalam penghargaan tersebut. Keempatnya adalah inovasi, visi, advokasi, dan kepemimpinan. Menteri Susi sendiri berhasil mendapat pengakuan untuk kategori kepemimpinan. Pihak penyelenggara menilai Menteri Susi menunjukkan kepemimpinan yang berani.

Ia sanggup memberantas praktik penangkapan ikan secara ilegal, tidak dilaporkan dan tidak diatur (illegal unreported and unregulated fishing) yang dilakukan oleh kapal-kapal asing dan lokal di Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia (WPPRI).

Tak hanya itu saja, menteri nyentrik ini juga dipandang berperan penting dalam menjaga kesehatan laut dan praktik pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang bertanggungjawab. Seperti diketahui, Susi sangat vokal menyuarakan pelarangan penggunaan trawls dan alat tangkap ikan yang tak ramah lingkungan lainnya. Ia juga dianggap sangat peduli terhadap perbudakan di kapal ikan.

Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendi Hardijanto yang mewakili Susi untuk menerima penghargaan berkata,"Saat beliau dipercayakan Presiden Joko Widodo untuk menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan, beliau merasa bertanggung jawab untuk memastikan bahwa lautan sebagai warisan terbesar Indonesia dapat dinikmati seluruh anak bangsa hingga generasi-generasi berikutnya."

Baca Juga: Membanggakan, Menteri Susi Sabet Penghargaan Bidang Maritim Tertinggi

Presiden Seaweb menyebut penghargaan diberikan kepada yang sangat peduli kepada stok makanan laut dunia.

Lagi, Menteri Susi Sabet Penghargaan di AmerikaIndrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO

Menteri yang baru-baru ini berkelakar bahwa "rakyat Indonesia yang tidak makan ikan akan ditenggelamkan" tersebut adalah salah satu dari beberapa peraih penghargaan. Presiden Seaweb and The Ocean Foundation, Mark Spalding menyebut para penerima penghargaan adalah mereka yang berani dan kreatif mendorong ketersediaan, kemajuan dan kelestarian stok makanan laut dunia.

Pekerjaan rumah KKP sendiri masih terbilang banyak. Susi mengakui bahwa ekspor perikanan Indonesia masih berada di peringkat tiga di ASEAN, padahal panjang pantainya nomor dua di dunia. Salah satu akar permasalahan, menurut Susi, adalah praktik pencurian ikan.

Tak hanya berpengaruh ke ekspor, tapi juga kepada kehidupan para nelayan. Ia pun mengamini visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin Indonesia jadi poros maritim dunia. "Itu berarti bangsa ini harus menggantungkan diri kepada laut. Berarti laut kita harus kaya ikan dan harus hidup untuk masa depan bangsa kita," tegasnya.

Baca Juga: Disindir Bodoh, Balasan dari Menteri Susi Keren Banget!

Topik:

Berita Terkini Lainnya