Kunjungi Lokasi Banjir, Anies: Pak Gubernur Pernah ke Sini?

Cipinang Melayu tak pernah absen dari banjir

Calon Gubernur nomor urut tiga, Anies Baswedan, mengunjungi lokasi banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, pada Senin (20/2). Ketika bertemu Ketua RW 04 Cipinang Melayu, Anies melontarkan sebuah pertanyaan berkaitan dengan lawannya di kontestasi Pilkada DKI Jakarta.

Anies bertanya apakah calon Gubernur petahana pernah datang mengunjungi mereka.

Kunjungi Lokasi Banjir, Anies: Pak Gubernur Pernah ke Sini?Tresna Yulianti/Tirto.id

Cagub yang diusung oleh PKS dan Gerindra itu mengaku datang ke Cipinang Melayu untuk melihat lokasi banjir dan secara langsung berinteraksi dengan warga. Ia menyebut mereka tak mendapat perhatian dari pemerintah. "Pak gubernur, pak wakil gubernur pernah datang ke sini?" tanya Anies, seperti dilansir dari Kompas. Ketua RW pun menjawab bahwa belum pernah. Anies mengklaim kedatangannya ke lokasi banjir tersebut adalah bentuk perhatian pertama yang diberikan kepada warga korban banjir.

Baca Juga: Coblos Ulang di Kemayoran, Anies Balik Ungguli Ahok

Menurut Anies, pemerintah DKI Jakarta masih gagal menghentikan banjir di Ibukota.

Kunjungi Lokasi Banjir, Anies: Pak Gubernur Pernah ke Sini?IDN Times

Dikutip dari Tirto.id, Anies mengaku pemerintah DKI Jakarta di bawah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok belum berhasil mengatasi banjir, terutama dengan metode normalisasi sungai. Menurutnya, solusi yang tak bisa ditawar adalah sumur resapan. Ia pun menambahkan bahwa yang lebih penting program pemerintah untuk penanganan banjir harus terencana dan terukur.

Meski begitu, Anies tak melakukan sosialisasi program penanganan banjir versinya secara lebih detil. Alasannya, menurut Anies, adalah ia ingin menemukan solusi berdasarkan musyawarah dengan warga, ahli, dan pemerintah. Ia menyebut bahwa gubernur tak boleh bertindak seolah-olah tahu semua permasalahan, padahal yang terjadi, menurutnya, adalah sebaliknya.

Ahok sendiri sempat minta maaf dan menegaskan bahwa normalisasi sungai adalah jalan satu-satunya.

Kunjungi Lokasi Banjir, Anies: Pak Gubernur Pernah ke Sini?IDN Times

Ahok sendiri sempat mengatakan bahwa normalisasi adalah jalan satu-satunya untuk menyelamatkan warga Jakarta dari banjir. Ia mengakui proses normalisasi terbilang sulit karena persoalan pembebasan lahan warga. Oleh karena itu, dirinya meminta agar warga yang memiliki lahan di bantaran sungai atau kali untuk segera mengurus sertifikat tanah agar pemerintah DKI Jakarta bisa membelinya sesuai harga pasar. Ahok pun meminta maaf kepada warga atas situasi yang terjadi.

Baca Juga: Harga Mati, PAN Tak Akan Dukung Ahok di Putaran Kedua

Topik:

Berita Terkini Lainnya