Ini Kata Khofifah dan Gus Ipul Soal Pemimpin yang Dibutuhkan Rakyat

" Rakyat Jawa Timur adalah penerus kejayaan nusantara."

Surabaya, IDN Times - Debat Pilgub Jawa Timur perdana dilaksanakan pada Selasa malam (10/4) dengan mengambil tema besar mengenai kesejahteraan rakyat. Cagub nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa, dan cagub nomor urut dua, Saifullah Yusuf, beradu visi serta misi di awal debat.

1. Rakyat Jawa Timur adalah penerus kejayaan nusantara

Ini Kata Khofifah dan Gus Ipul Soal Pemimpin yang Dibutuhkan RakyatANTARA FOTO/Didik Suhartono

Khofifah mengatakan bahwa "nafas membangun Jawa Timur adalah membangun budaya dan peradaban bangsa". Kemudian, ia melanjutkan,"Rakyat Jawa Timur adalah penerus kejayaan nusantara. Kita punya tugas mengawal NKRI."

2. Jawa Timur perlu pemerintahan yang kuat

Ini Kata Khofifah dan Gus Ipul Soal Pemimpin yang Dibutuhkan RakyatDok. IDN Times/Istimewa

Karena menyadari itu, kata Khofifah, maka pemimpin yang diperlukan tidak boleh biasa. "Jawa Timur butuh pemimpin, pemerintahan, dan rakyat yang kuat. Rakyat tak akan kuat kalau miskin, tak kan kuat kalau bodoh, tak akan kuat kalau sakit-sakitan," tegasnya.

3. Gus Ipul mengklaim agendanya fokus untuk kesejahteraan rakyat

Ini Kata Khofifah dan Gus Ipul Soal Pemimpin yang Dibutuhkan RakyatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Mengawali pembukaan debat, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengatakan bahwa agenda yang dibawanya dan Puti Guntur adalah "mengatasi kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan, membangun hubungan yang baik di tengah masyarakat, serta menjunjung tinggi akhlak untuk kemajuan Jawa Timur bersama."

4. Ia mengatakan harus ada kerja sama untuk mencapai tujuan mulia Jawa Timur

Ini Kata Khofifah dan Gus Ipul Soal Pemimpin yang Dibutuhkan RakyatDok. IDN Times/Istimewa

Gus Ipul juga menyebutkan bahwa yang diperlukan oleh rakyat Jawa Timur adalah pemerintahan yang bersih dan kuat. Namun, semua tak bisa dilakukan sendiri. "Pemerintahan [yang dibutuhkan adalah] yang tak hanya mengandalkan kekuatan sendiri, tapi juga mengajak kerja sama pusat dan daerah."

 

Baca juga: Debat Pilkada Jatim, Suasana Pendukung Sempat Memanas

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya