Harga Mati, PAN Tak Akan Dukung Ahok di Putaran Kedua

Ingin gubernur baru yang membawa terobosan

Dari hasil real count KPU Jakarta pasangan nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama alais Ahok dan Djarot Syaifyl Hidayat, berhasil unggul dengan perolehan 42,96 persen suara, sedangkan pasangan nomor urut tiga, Anies-Sandiaga, mendapat 39,97 persen. Keduanya maju ke Pilkada putaran kedua.

Partai pendukung masing-masing pasangan calon pun mulai bergerilya untuk merebut suara dari para pendukung pasangan Agus Harimurti-Sylviana Murni yang sudah tersingkir. Tak hanya di kalangan akar rumput, tapi juga partai-partai yang mengusung kandidat nomor urut satu tersebut. Ada yang masih belum mengumumkan akan mengarahkan suara ke mana. Namun, Partai Amanat Nasional (PAN) menegaskan tak akan dukung Ahok.

Wakil Sekjen PAN sebut itu sudah jadi harga mati.

Harga Mati, PAN Tak Akan Dukung Ahok di Putaran KeduaDidik Suhartono/ANTARA FOTO

Wakil Ketua Umum PAN, Hanafi Rais mengatakan bahwa partainya tak mungkin memberikan dukungan kepada pasangan Ahok-Djarot. "Enggak mungkin, enggak mungkin. Itu sudah harga mati. Kita tidak mendukung Ahok sudah harga mati," kata Hanafi putra dari Amien Rais tersebut. Sebelumnya PAN adalah partai pengusung pasangan Agus-Sylviana.

Baca Juga: Program DP Rumah Rp 0 Anies Membuat Gubernur BI Buka Suara

Sebabnya adalah keinginan kader partai untuk mendapat Gubernur baru.

Harga Mati, PAN Tak Akan Dukung Ahok di Putaran KeduaDidik Suhartono/ANTARA FOTO

Menurut Hanafi, ini sudah jadi keputusan partai. Latar belakangnya adalah komitmen PAN untuk mendapatkan Gubernur baru. Adapun Gubernur yang mereka inginkan adalah "yang tidak arogan dan membawa terobosan-terobosan untuk membangun Jakarta". Hanafi pun menyebut karakter tersebut tak ada di pasangan nomor dua, tapi ada di pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno "Untuk alasan itu, ya pasangan nomor tiga yang akan didukung PAN," tegasnya.

Hanafi juga menanggapi pernyataan Ketua Umum PAN yang menyebut ingin bertemu para petinggi partai dulu.

Harga Mati, PAN Tak Akan Dukung Ahok di Putaran KeduaIDN Times

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memberikan pernyataan bahwa partainya belum menentukan arah dukungan. Hal ini dikarenakan ia perlu mengevaluasi koalisi dengan partai-partai lain yang mengusung Agus-Sylviana seperti Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia berkata bahwa PAN perlu bertemu dulu baik dengan partai koalisi maupun partai pendukung pasangan lain, termasuk PDI Perjuangan, NasDem, dan Hanura yang mengusung Ahok-Djarot.

Hanafi sendiri menjelaskan bahwa yang dimaksud oleh Zulfikli adalah PAN menunggu hasil real count KPU. Menurutnya, pernyataan Zulkifli terlontar karena PAN ingin menghormati proses di mana masih ada sebagian tempat yang melakukan pemungutan suara ulang. Namun, ia menggarisbawahi bahwa itu tak mengubah prinsip PAN yang menginginkan Gubernur baru. Hanafi berkata mayoritas kader dan massa PAN memilih pendukung Anies-Sandiaga.

Baca Juga: Golkar dan NasDem Mulai Goda Pendukung Agus untuk Beralih ke Ahok

Topik:

Berita Terkini Lainnya