Giliran Pendukung Ahok yang Membelot ke Anies

Padahal Partai Hanura usung Ahok-Djarot

Partai Hanura adalah salah satu partai pengusung pasangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat dalam Pilkada DKI Jakarta. Namun, hal mengejutkan terjadi menjelang Pilkada putaran kedua. Organisasi massa dari partai Hanura membelot dengan mendukung pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Aksi pindah dukungan bukan kali ini saja terjadi. Beberapa hari sebelumnya, relawan Agus-Sylvi menyatakan dukungannya terhadap Ahok-Djarot. 

Mengaku mendengarkan suara umat.

Giliran Pendukung Ahok yang Membelot ke AniesIDN Times

Pada Jumat (3/3) Wakil Ketua Umum Gerakan Muda Nurani Rakyat (Gemura), Samiyanto, menyatakan bahwa ormas sayap Hanura tersebut membelot dari kebijakan partai. Di putaran pertama, Gemura sejalan dengan Hanura dalam mendukung pasangan Ahok dan Djarot. Menjelang putaran kedua ini Gemura mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Anies dan Sandiaga.

Menurut Samiyanto, langkah ini diambil karena mayoritas anggota Gemura menginginkan Anies-Sandiaga untuk menjadi gubernur DKI Jakarta. "Putaran pertama, kami dukung Ahok- Djarot karena putusan partai. Tapi pas putaran kedua, kita mendengar suara umat. Itu yang menjadikan kami keterpanggilan, akhirnya kita sepakati mendukung Anis- Sandi," ujar Samiyanto, seperti dikutip dari Viva.co.id.

Baca Juga: Mengejutkan, Relawan Agus-Sylvi Nyatakan Dukung Ahok Djarot

Anies-Sandiaga dirasa lebih mewakili mayoritas anggota Gemura yang beragama Islam.

Giliran Pendukung Ahok yang Membelot ke AniesIDN Times

Dua hal yang membuat Gemura pada akhirnya menyeleweng dan mengusung pasangan Anies-Sandiaga. Pertama, Gemura menganggap program-program yang diusung Anies-Sandiaga lebih adil dan berpihak kepada rakyat, terutama bisa mewakili anggota Gemura yang mayoritas muslim. Samiyanto sendiri tak menjelaskan lebih detil mengenai program yang ia maksud.

Kedua, karakter Anies dan Sandiaga diyakini memiliki karakter yang bisa menyatukan perbedaan. "Jakarta perlu pemimpin dan imam yang berkarakter dan dapat menyatukan keberagaman," kata Samiyanto. Ia menyebut kondisi Jakarta saat ini penuh gejolak yang tak menentu dan pasangan Anies-Sandiaga lah yang dirasa mampu untuk mempersatukan masyarakat.

Anies mengaku bahagia mendapat dukungan dari Gemura.

Giliran Pendukung Ahok yang Membelot ke AniesAgus Bebeng/ANTARA FOTO

Setelah Gemura mendeklarasikan dukungan kepadanya, Anies mengaku sangat mengapresiasi hal tersebut. Mantan menteri pendidikan itu juga berkata bahwa keputusan untuk menyeleweng dari kebijakan partai bukan sesuatu yang mudah. "Teman-teman menghadapi konsekuensi yang tak sederhana. Tapi ini merupakan bagian dari perjuangan dan perjalan kita masih panjang bahkan setelah 19 April," ujar Anies.

Baca Juga: Anies Sebut Lahan Negara Dijadikan Mal, Benarkah?

Topik:

Berita Terkini Lainnya